alexametrics
23.2 C
Kudus
Saturday, July 2, 2022

Educandy Tingkatkan Keaktifan Belajar Siswa Milenial

PANDEMI Covid-19 telah mengubah cara hidup masyarakat global termasuk pembelajaran di sekolah dari tatap muka menjadi daring (online). Sudah lebih dari satu tahun pembelajaran siswa dilakukan secara daring. Rasa bosan dan stress, menyelimutil hati dan pikiran peserta didik selama PJJ. Dikarenakan PJJ membuat banyak tugas yang harus dikerjakan dan materi pelajaran yang didapat dari  membaca buku saja.

Dengan model pembelajaran bleanded learning penulis merasa kesulitan untuk memantau keaktifan siswa karena waktu pertemuan yang terbatas. Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang penting dalam interaksi belajar mengajar (Sardiman, 2006: 96). Martinis Yamin (2007: 82) mendefinisikan belajar aktif sebagai usaha untuk membangun pengetahuan dalam dirinya. Penulis menyadari bahwa di era sekarang ini siswa lebih dekat dengan dunia gadget, maka metode pembelajaran dengan media gadget dipilih agar siswa merasa tertarik. Jika siswa merasa tertarik diharapkan akan tumbuh keaktifan dari siswa.

Curhatan stres peserta didik di SD Negeri 3 Tunggak sempat di utarakan beberapa waktu lalu. Sebagai seorang guru melihat kenyataan itu sangat sedih namun harus berpikir mencari solusi agar peserta didik tidak bosan dan stres. Salah satunya memberikan variasi media  yang membuat pembelajaran menjadi mengasyikkan. Media pembelajaran berbasis permainan yang dapat dijadikan alternatif adalah educandy.


Educandy adalah aplikasi berbasis web yang memiliki slogan “making learning sweeter”. Educandy digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan. Permainan dibuat dalam konteks belajar tetapi tidak membosankan. Adanya permainan edukasi membuat pembelajaran lebih bervariasi dan mengasyikkan.

Educandy dapat ditemukan melalui google dengan mengetik https://www.educandy.com/. Aplikasi ini terdapat tiga permainan yaitu  matching pairs, words, dan quiz question. Untuk permainan matching pairs silahkan klik https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=551d3;  Ada lima macam permainan di matching pairs yaitu noughts & cross, crosswords, match-up, memory dan multiple choice.  Untuk permainan words klik  https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=54751. Ada tiga macam permainan di words yaitu word search, hangman dan anagrams. Sedangkan untuk quiz silahkan klik https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=551e0. Di sini ada satu jenis permainan yaitu multiple choice.

Baca Juga :  Peranan Tripusat Pendidikan terhadap Akhlak Siswa

Panduan membuat permainan di educandy yaitu masuk  web https://www.educandy.com/  kemudian klik tiga garis yang ada di pojok kanan atas, maka akan muncul tulisan create your first activity, apps dan sign in. Di sini penulis akan menjelaskan satu persatu dimulai dari permainan words. Silahkan klik words akan muncul dua buah kotak kosong bertuliskan Your Activity Name kemudian Your Activity Subject, klik create. Isi kotak putih bertuliskan word, klik add word, lakukan  berulang sebanyak kata yang diinginkan. Setelah selesai, scroll ke bawah ada tulisan play activity, maka kata yang sudah dibuat, dapat dimainkan dengan tiga cara yaitu word search, hangman dan anagrams, di setiap permainan ada perhitungan waktu, musik, dan score (nilai). Untuk membagikan permainan words ini ke peserta didik silahkan scroll ke bawah sampai ada tulisan Share Activity lalu copy url  yang ada di kotak url atau code yang ada.

Dari uraian tersebut terlihat bahwa aplikasi Educandy menarik sebagai pembelajaran karena siswa mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bukan yang membosankan dan membuat stress. Dengan demikian meskipun pembelajaran model blended learning target pembelajaran akan tercapai. Saya selaku penulis sekaligus guru yang sudah mulai bosan dengan tugas via WAG, atau google clasroom yang fiturnya tidak mencakup pembelajarannya aplikasi ini patut dicoba, Selain karena berbeda kita juga bisa memberikan pengalaman baru kepada siswa. (*)

PANDEMI Covid-19 telah mengubah cara hidup masyarakat global termasuk pembelajaran di sekolah dari tatap muka menjadi daring (online). Sudah lebih dari satu tahun pembelajaran siswa dilakukan secara daring. Rasa bosan dan stress, menyelimutil hati dan pikiran peserta didik selama PJJ. Dikarenakan PJJ membuat banyak tugas yang harus dikerjakan dan materi pelajaran yang didapat dari  membaca buku saja.

Dengan model pembelajaran bleanded learning penulis merasa kesulitan untuk memantau keaktifan siswa karena waktu pertemuan yang terbatas. Aktivitas merupakan prinsip atau asas yang penting dalam interaksi belajar mengajar (Sardiman, 2006: 96). Martinis Yamin (2007: 82) mendefinisikan belajar aktif sebagai usaha untuk membangun pengetahuan dalam dirinya. Penulis menyadari bahwa di era sekarang ini siswa lebih dekat dengan dunia gadget, maka metode pembelajaran dengan media gadget dipilih agar siswa merasa tertarik. Jika siswa merasa tertarik diharapkan akan tumbuh keaktifan dari siswa.

Curhatan stres peserta didik di SD Negeri 3 Tunggak sempat di utarakan beberapa waktu lalu. Sebagai seorang guru melihat kenyataan itu sangat sedih namun harus berpikir mencari solusi agar peserta didik tidak bosan dan stres. Salah satunya memberikan variasi media  yang membuat pembelajaran menjadi mengasyikkan. Media pembelajaran berbasis permainan yang dapat dijadikan alternatif adalah educandy.

Educandy adalah aplikasi berbasis web yang memiliki slogan “making learning sweeter”. Educandy digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan. Permainan dibuat dalam konteks belajar tetapi tidak membosankan. Adanya permainan edukasi membuat pembelajaran lebih bervariasi dan mengasyikkan.

Educandy dapat ditemukan melalui google dengan mengetik https://www.educandy.com/. Aplikasi ini terdapat tiga permainan yaitu  matching pairs, words, dan quiz question. Untuk permainan matching pairs silahkan klik https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=551d3;  Ada lima macam permainan di matching pairs yaitu noughts & cross, crosswords, match-up, memory dan multiple choice.  Untuk permainan words klik  https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=54751. Ada tiga macam permainan di words yaitu word search, hangman dan anagrams. Sedangkan untuk quiz silahkan klik https://www.educandy.com/site/resource.php?activity-code=551e0. Di sini ada satu jenis permainan yaitu multiple choice.

Baca Juga :  Menjemput Teknologi Belajar Menyenangkan dengan “Quizizz”

Panduan membuat permainan di educandy yaitu masuk  web https://www.educandy.com/  kemudian klik tiga garis yang ada di pojok kanan atas, maka akan muncul tulisan create your first activity, apps dan sign in. Di sini penulis akan menjelaskan satu persatu dimulai dari permainan words. Silahkan klik words akan muncul dua buah kotak kosong bertuliskan Your Activity Name kemudian Your Activity Subject, klik create. Isi kotak putih bertuliskan word, klik add word, lakukan  berulang sebanyak kata yang diinginkan. Setelah selesai, scroll ke bawah ada tulisan play activity, maka kata yang sudah dibuat, dapat dimainkan dengan tiga cara yaitu word search, hangman dan anagrams, di setiap permainan ada perhitungan waktu, musik, dan score (nilai). Untuk membagikan permainan words ini ke peserta didik silahkan scroll ke bawah sampai ada tulisan Share Activity lalu copy url  yang ada di kotak url atau code yang ada.

Dari uraian tersebut terlihat bahwa aplikasi Educandy menarik sebagai pembelajaran karena siswa mendapatkan pembelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan bukan yang membosankan dan membuat stress. Dengan demikian meskipun pembelajaran model blended learning target pembelajaran akan tercapai. Saya selaku penulis sekaligus guru yang sudah mulai bosan dengan tugas via WAG, atau google clasroom yang fiturnya tidak mencakup pembelajarannya aplikasi ini patut dicoba, Selain karena berbeda kita juga bisa memberikan pengalaman baru kepada siswa. (*)

Most Read

Artikel Terbaru

/