alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Sportainment
icon featured
Sportainment

Optimalisasi E-Spike untuk Peningkatkan Prestasi Bola Voli Grobogan

13 Oktober 2021, 19: 02: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

BERIKAN PELATIHAN: Erwin Nizar Priambodo, S.Pd., M.Pd dosen UNNES pengampu mata kuliah bola voli (kiri) memberika bola voli kepada pelatih dalam pelatihan optimalisasi E-spike.

BERIKAN PELATIHAN: Erwin Nizar Priambodo, S.Pd., M.Pd dosen UNNES pengampu mata kuliah bola voli (kiri) memberika bola voli kepada pelatih dalam pelatihan optimalisasi E-spike. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN – Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjalin kerja sama mitra antar Pengkab PBVSI Kabupaten Grobogan dengan pelatihan optimalisasi E-Spike kepada pelatih bola se-Kabupaten Grobogan. Kegiatan pengabdian ini dikonsep dengan cara memberikan pelatihan kepada pelatih mengenai cara pembuatan alat dan kegunaan fungsi.

Erwin Nizar Priambodo, S.Pd., M.Pd dosen UNNES pengampu mata kuliah bola voli mengatakan, atlet berperan sebagai pelaksana. Sehingga pelatih dapat menemukan ide baru untuk menentukan jenis-jenis latihan yang efektif dan efisien.

”Dari hasil pelaksanaan tersebut para pelatih dengan mudah mengevaluasi kesalahan pada gerak teknik atlet,” kata Erwin Nizar Priambodo.

Baca juga: Pemkab Grobogan Tambah Kampung Keluarga Berkualitas

(SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Dalam pelatihan tersebut juga  sukses dibuktikan pada saat forum group discussion bermunculan ide baru untuk membuat alat bantu yang lain. Di antaranya, alat bantu latihan block, alat bantu latihan pertahanan, alat bantu latihan koordinasi-reaksi, dan lain-lain.

”Ide-ide inilah yang diharapkan pengabdi muncul untuk pemanfaatan latihan sehingga diharapkan peningkatan prestasi lebih maksimal di Kabupaten Grobogan,” ujarnya.

Diharapkan adanya pelatihan e-spike ini pelatih dapat lebih bervariasi dalam memberikan program latihan kepada atlet. Hal ini dapat dilaksanakan salah satunya dalam hal pembuatan sarana prasarana alat bantu latihan. Ide yang muncul dapat terealisasikan dalam bentuk nyata sehingga ada perkembangan dalam pelaksanaan latihan yaitu penggunaan alat bantu latihan yang baru.

”Perlu adanya kerja sama antara pelatih dengan pengurus PBVSI Kabupaten Grobogan untuk pendampingan dan motivator supaya kualitas latihan meningkat,” tandasnya.

(ks/mun/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya