alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Alasan Dishub Grobogan Ganti Perlintasan Semi Permanen dengan Flyover

13 Oktober 2021, 18: 19: 47 WIB | editor : Ali Mustofa

MENGECEK: Petugas Dishub Grobogan menyisir perlintasan sebidang di Kabupaten Grobogan kemarin.

MENGECEK: Petugas Dishub Grobogan menyisir perlintasan sebidang di Kabupaten Grobogan kemarin. (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN - Tahun ini ada pengurangan satu perlintasan semi permanen di Desa Mangunsari, Kecamatan Tegowanu. Rencananya perlintasan itu akan diganti menjadi flyover.

Kepala Dishub Grobogan Agung Sutanto melalui Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Agus Sumarsana mengatakan, jumlah perlintasan sebidang terus berkurang dari sebelumnya yang mencapai 59 perlintasan. Kini sudah menjadi 42 perlintasan, sedangkan palang pintu resmi hanya ada 14 titik dan yang dijaga secara swadaya ada 75 titik.

“Sebelumnya, perlintasan di Desa Mangunsari, Kecamatan Tegowanu sempat diusulkan untuk dipasangi pintu otomatis. Namun, saat dilakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait hasilnya akan dibuat flyover. Di mana, anggaran didapat dari PT Semen Grobogan,” jelasnya.

Baca juga: Tingkatkan Disiplin Aparatur Desa, Bupati Pati Bikin Perbup

Untuk sementara, saat ini diberi lintasan semi permanen yang dijaga warga setempat. “Ada pak ogah yang berjaga setiap harinya, dianggarkan melalui dana desa (DD). Setelah dikaji sebaiknya dibuat flyover,” imbuhnya.

Pembuatan flyover untuk meminimalisir kecelakaan. Lantaran per tahun ini, di lokasi tersebut sudah memakan dua korban. Maka tahapan pembuatan flyover akan mulai dilakukan. Saat ini sedang ditentukan titik tiang pancang oleh Dirgen Perhubungan Darat.

Meski begitu, masih banyak perlintasan sebidang yang belum tertangani di Kabupaten Grobogan, 80 persen di antaranya sudah dikelola desa melalui swadaya atau dana desa. 

(ks/mal/int/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya