alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Pohon Tumbang Diterjang Angin Kencang Timpa Kios Wisata Pantai Kartini

13 Oktober 2021, 15: 42: 54 WIB | editor : Ali Mustofa

RUSAK: Pemilik kios di Pantai Kartini membersihkan bagian-bagian pohon yang ambruk menimpa kios mereka kemarin pagi

RUSAK: Pemilik kios di Pantai Kartini membersihkan bagian-bagian pohon yang ambruk menimpa kios mereka kemarin pagi (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Hujan disertai angin kencang menerpa Pantai Kartini Jepara Senin (11/10) pukul 18.00 malam. Akibatnya, pohon di lima titik di kawasan Pantai Kartini tumbang. Bahkan, ada dua pohon yang menimpa kios pedagang.

Murdiyanto, salah satu pemilik kios tersebut mengatakan kejadian angin kencang tersebut berlangsung cepat. ”Ada suara wung-wung. Saya dikasih tahu warga kalau kios saya tertimpa pohon,” ujarnya.

Hingga kemarin pagi pohon-pohon tersebut masih belum dievakuasi. Salah satunya pohon beringin dengan diameter lebih dari semeter. Pohon tersebut berada di sisi timur lapangan. Sebagian batangnya ambruk ke arah pagar pembatas antara kawasan pantai dengan Pelabuhan Kartini. Akibatnya bagian pagar tersebut rusak. Penerangan jalan juga rusak tertimpa pohon.

Baca juga: Setiap Tahun Pesisir Jepara Tergerus Abrasi Hingga 1,5 Meter

MUSIBAH: Atap kios pedagang di objek wisata Pantai Kartini porak poranda diterpa angin.

MUSIBAH: Atap kios pedagang di objek wisata Pantai Kartini porak poranda diterpa angin. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Selain itu ada dua kios lainnya di sekitar Kura-Kura Ocean Park (KOP) yang atapnya rusak karena terpaan angin. Salah satunya milik Kawid. Pemilik kios bakso tersebut saat kejadian tengah berada di dalam kios.

Angin kencang tersebut datang dari arah selatan ke utara. Durasinya hanya sepersekian detik. Saat terjadi angin kencang juga terjadi hujan. Namun intensitas hujannya tak lebat. ”Cepat kok. Saat itu saya langsung kabur ke arah belakang kios. Tapi langsung selesai anginnya,” terang Kawid.

Kemarin, para pemilik kios kerja bakti dengan pihak pengelola wisata. Membersihkan ranting pohon yang menimpa sejumlah kios. Termasuk yang menutup akses jalan di lokasi wisata.

Manajer Pantai Kartini Joko Wahyu  mengatakan ada lima titik pohon yang tumbang di kawasan Pantai Kartini. Ada yang menutup akses jalan, merusak kios pedagang, pagar, juga beberapa fasilitas di objek wisata Pantai Kartini. ”Kami inventarisasi. Selanjutnya akan kami laporkan kepada pimpinan dan evaluasi. Termasuk akan memotong pohon yang sudah berusia dan  berisiko tumbang,” katanya.

Beruntung akibat kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian akibat kerusakan yang ditimbulkan diperkirakan mencapai jutaan rupiah. 

(ks/war/rom/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya