alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Jateng
icon featured
Jateng

Pemkab Purbalingga Beri Bantuan untuk 300 ODKB

12 Oktober 2021, 15: 31: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga, saat menyerahkan santunan kepada salah seorang ODKB di Kabupaten Purbalingga.

Dyah Hayuning Pratiwi, Bupati Purbalingga, saat menyerahkan santunan kepada salah seorang ODKB di Kabupaten Purbalingga. (ANTARA)

Share this      

Purbalingga - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, memberikan bantuan dana untuk 300 orang dengan kecacatan berat (ODKB). Masing-masing orang mendapatkan santunan sebesar Rp 300 ribu per bulan yang mana dialokasikan melalui APBD setempat.

Usai menyerahkan santunan bagi ODKB di Kantor Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, Selasa, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan santunan yang secara rutin disalurkan setiap tahun itu ditujukan untuk memberikan semangat pada ODKB maupun keluarga yang merawatnya untuk menjalani kehidupan.

"Pada tahap pertama ini, bantuan yang diberikan untuk enam bulan, sehingga masing-masing mendapatkan Rp1,8 juta," katanya.

Ia mengakui besaran santunan tidak besar, namun hal itu merupakan ketulusan pemerintah untuk meringankan beban para ODKB dan diharapkan bisa memberikan berkah bagi penerimanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosdalduk-KBPPPA) Kabupaten Purbalingga Raditya Widayaka AP mengatakan, selain dilakukan penyerahan bantuan untuk ODKB, dalam kesempatan tersebut juga diberikan bantuan program Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) Anak dari Kementerian Sosial.

Menurut dia, program Atensi Anak diberikan kepada anak yatim/piatu/yatim-piatu yang orang tuanya meninggal akibat COVID-19.

"Bantuan program Atensi Anak ini berupa uang tunai dalam bentuk tabungan Bank Mandiri yang berisi saldo untuk dua bulan, September-Oktober. Besaran bantuan Rp200 ribu per bulan untuk anak sekolah dan Rp300 ribu untuk anak yang belum sekolah," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan data sementara, jumlah penerima program Atensi Anak sebanyak 71 orang dan masih akan terus bertambah karena saat sekarang tengah dalam proses verifikasi serta validasi lapangan. (Antara/des)

Baca juga: Persiapan Pemindahan Ibu Kota, Pemerintah Alokasikan Rp 510 Miliar

(ks/jpr/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya