alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Raih WTP 10 Kali Beruntun, Jepara Terima Penghargaan dari Kemenkeu

12 Oktober 2021, 14: 33: 21 WIB | editor : Ali Mustofa

PRESTASI: Bupati Jepara Dian Kristiandi (tiga dari kiri) menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan atas raihan WTP sepuluh kali berturut-turut kemarin.

PRESTASI: Bupati Jepara Dian Kristiandi (tiga dari kiri) menerima piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan atas raihan WTP sepuluh kali berturut-turut kemarin. (SETDA JEPARA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA — Pemerintah Kabupaten Jepara menerima penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LPKD) tahun 2020. Ini merupakan opini WTP ke sebelas kali secara beruntun. Capaian Jepara bisa mendapatkan WTP secara beruntun ini juga diganjar penghargaan sebagai daerah yang bisa menerima WTP sepuluh kali beruntun. Kemenkeu memberi penghargaan bagi daerah dalam dua kategori. Yakni yang telah meraih WTP lima kali dan sepuluh kali berturut-turut.

Jepara meraih opini WTP sejak 2010 hingga 2020. Piagam maupun plakat penghargaan khusus itu diserahkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kudus Budi Marsudiyoto kepada Bupati Jepara Dian Kristiandi, di ruang kerja bupati kemarin.

 “Alhamdulillah tentunya. Saya ucapkan selamat buat teman-teman. Utamanya mereka para stakeholder yang sudah bekerja keras untuk mempertahankan raihan ini,” ujar Andi, sapaan akrab bupati.

Baca juga: Atlet Sambo Asal Blora Sumbang Dua Medali Emas di Pon XX Papua

Dirinya juga mengapresiasi jajarannya atas kinerja baik dalam inventarisasi aset milik daerah. Hal itu pun diakuinya berkat kerja sama dengan Kantor Pertanahan Jepara. “Semakin ke sini sudah semakin diperbaiki,” kata dia.

Andi menambahkan jika meraih opini WTP sebelas kali beruntun bukanlah sesuatu yang mudah. Hal ini karena dalam perjalannya setiap tahun terdapat dinamika-dinamika yang harus diikuti dan disesuaikan.

“Saya kira kuncinya untuk bisa mempertahankan opini terbaik ini yakni komitmen dalam melaksanakan tindak lanjut atas rekomendasi yang disampaikan serta kemauan untuk selalu memperbaiki diri,” jelas Andi.

Wujud dari komitmen bersama dalam pengelolaan keuangan itu adalah memegang prinsip  akuntabel dan transparan. Begitu pula menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan akuntabilitas. Termasuk dalam tata kelola aset milik daerah yang baik.

Sementara itu Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Jepara Ronji berharap agar nantinya seluruh pihak tetap solid dan bersatu. "Untuk mempertahankan WTP demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Jepara," ujarnya. 

(ks/rom/war/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya