alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Praktik Baik Guru TK Berdedikasi

12 Oktober 2021, 09: 50: 12 WIB | editor : Ali Mustofa

Mardi, S.Pd., MM.; Pengawas TK, Kec. Jiken, Kab Blora

Mardi, S.Pd., MM.; Pengawas TK, Kec. Jiken, Kab Blora (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

BEKERJA sebagai Guru TK, mencintai mengajarnya. Karena pada akhirnya, kekuatan cintalah yang dapat kita semangat dan berdedikasi. Kesuksesan siswa seringkali berpusat pada hubungan personal mereka dengan gurunya, Para pendidik harus terus menerus mengevaluasi bagaimana kualitas mengajar mereka. Salah satu tugas penting dari seorang guru adalah mengajak orangtua siswa untuk terlibat di dalam proses pendidikan anaknya. Guru adalah sumber berita pertama yang di cari orang tua ketika mereka ingin mengetahui perkembangan anaknya selama berada di sekolah. Pengembangan potensi dan kemampuan anak bisa dilakukan lebih optimal.

Menurut Brewer, Jo Ann (2007) dalam bukunya Introduction to Early Childhood;  komunikasi dengan orang tua sendiri dibagi dua kategori. Petama, komunikasi tentang pendidikan yang tengah di berikan kepada anak. Kedua, komunikasi tentang kondisi individu anak. Seperti kita tahu, anak-anak belajar dengan meniru apa yang mereka lihat dan dengar. Kita wujudkan anak Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila yaitu: pertama; beriman, bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; kedua; berkebhinekaan global; ketiga;  gotong royong;  keempat; mandiri; kelima; bernalar kritis, dan keenam, kreatif. Peranan guru TK sebagai   sahabat untuk peserta didiknya. Saat si kecil mulai masuk TK, 85% struktur otaknya sudah terbentuk, sebagai pondasi penentu kecakapan hidupnya kelak. Penulis terinspirasi praktik baik di sekolah binaan untuk menggerakkan secara bersama-sama meningkatkan kompetensi pedagogi (ilmu mengajar).

Guru merupakan penopang dan pemupuk generasi bangsa, dimana guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis untuk pembangunan nasional dalam bidang pendidikan di Indonesia. Menjadi guru adalah sebuah seni, sehingga menjadi guru yang baik itu melibatkan panggilan, kemampuan intelektual dan penguasaan materi, karakter, talenta dan kemampuan berkomunikasi. Guru adalah seorang aktor, aktris, sales, public speaker, atau bisa jadi komedian. Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri,  bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya (Ki Hajar Dewantara). Enam ciri guru berdedikasi : pertama,  guru berdedikasi memiliki target yang jelas, kedua, guru berdedikasi sanggup bekerja  tanpa penghargaan instan, ketiga, guru berdedikasi guru mengambil resiko, keempat, guru berdedikasi mengevaluasi diri mereka sendiri, kelima, guru berdedikasi tidak pernah berhenti belajar, keenam,  guru berdedikasi mencintai pekerjaannya.

Baca juga: SKT PSHT Cabang Rembang-Pusat Madiun Diresmikan

Guru dalam mengelola waktu dan rencana pembelajarannya sangat berdedikasi, memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaannya. Bermain bisa di dalam ruangan (indoor) atau luar ruang (outdoor). Guru pada jenjang TK harus mengawasi setiap anak ketika mereka bermain. Bermain menjadi metode andalan pada jenjang TK. Buku yang dibacakan guru dengan membaca nyaring membangun banyak keterampilan dasar yang penting, memperkenalkan kosakata, memberikan contoh membaca  yang lancar dan ekspresif, dan membantu anak-anak mengenali apa itu membaca untuk kesengan. Mengkondisikan anak untuk mengasosiasikan membaca dengan kesenangan. Membangun latar belakang pengetahuan. Membangun kosakata buku. Ajak anak untuk mengungkapkan secara lisan  apa yang di dengar atau di bacakan dan apa yang di pikirkan (think aloud). Anak dapat bercerita, menghasilkan pertanyaan untuk memandu pemahaman. Indikator keberhasilan mendampingi belajar pada anak TK adalah karakter positif dan budaya literasi pada anak semakin tumbuh dan berkembang sesuai harapan. Guru bergerak Indonesia maju, mencerdaskan bangsa mewujudkan generasi unggul. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya