alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Semen Gresik Beri P4L Awards Bagi Desa dengan Ketahanan Pangan Terbaik

12 Oktober 2021, 08: 56: 51 WIB | editor : Ali Mustofa

KOMITMEN: Kepala Unit Komunikasi dan CSR Dharma Sunyata dan Kepala Dinpermades Rembang berfoto bersama para juara P4L Awards Semen Gresik 2021.

KOMITMEN: Kepala Unit Komunikasi dan CSR Dharma Sunyata dan Kepala Dinpermades Rembang berfoto bersama para juara P4L Awards Semen Gresik 2021. (PT. SG FOR RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - PT Semen Gresik (PTSG) melalui program SG Lestari memberikan penghargaan di bidang Pemanfaatan Pekarangan dan Pengembangan Pangan Lokal (P4L) atau P4L Awards 2021 kepada desa-desa di sekitar perusahaan. Syaratanya, desa itu sukses mengoptimalkan lahan pekarangan dengan budidaya tanaman gizi dan obat sebagai strategi memperkuat ketahanan pangan.

Proses penilaian P4L Awards bagi desa dengan ketahanan pangan terbaik tahun 2021, dilakukan selama setahun dengan melibatkan Dinpermandes serta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rembang. Selain itu, PTSG juga menerjunkan tim Community Development Officer dari PTSG yang memonitor tingkat responsif, progresivitas dan inovasi desa terhadap program P4L.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR PTSG Dharma Sunyata menjelaskan, P4L Awards tahun kedua ini merupakan bentuk apresiasi dan komitmen PTSG dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. Target program ini mendorong upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi masyarakat desa lewat inovasi pemanfaatan lahan pekarangan dengan budidaya tanaman sayuran sarat nutrisi seperti tomat, bayam, wortel, brokoli, kembang kol, terong dan jeruk nipis.

Baca juga: Pembukaan Pariwisata untuk Wisatawan Asing Butuh Pengawasan Ketat

CINTA LINGKUNGAN: Perwakilan SG dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang melakukan penyiraman tanaman Bunga Kol sebagai simbol pembukaan acara P4L Awards Semen Gresik 2021.

CINTA LINGKUNGAN: Perwakilan SG dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rembang melakukan penyiraman tanaman Bunga Kol sebagai simbol pembukaan acara P4L Awards Semen Gresik 2021. (PT. SG FOR RADAR KUDUS)

Selain itu, tambah dia, mendukung kesepakatan global SDGs poin kedua yaitu menghilangkan kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik serta meningkatkan pertanian berkelanjutan.

”Program P4L adalah upaya strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Jika berhasil tentu mendatangkan nilai ekonomi untuk menyiasati masa pandemi seperti sekarang,” kata Dharma dalam siaran persnya Senin (11/10).

Lebih lanjut Dharma pengatakan inovasi pertanian di pekarangan rumah saat ini sudah menjadi tren karena memberikan banyak manfaat. Nilai guna yang dihasilkan antara lain sebagai sumber bahan pangan tambahan, income keluarga, sumber oksigen, estetika, konservasi lingkungan dan wahana kegiatan positif bagi ibu-ibu PKK dan Kelompok Wanita Tani untuk lebih berkreasi.

Ajang P4L Awards sendiri diikuti enam desa yang meliputi Desa Kajar, Timbrangan, Pasucen, Tegaldowo di Kecamatan Gunem, kemudian Desa Kadiwono Kecamatan Bulu dan Desa Ngampel, Blora. Tahun 2021 penerima P4L Awards sebagai juara I-III masing-masing Desa Tegaldowo, Desa Ngampel dan Desa Pasucen.

Kades Tegaldowo Kundari menyampaikan apresiasi terhadap program P4L Awards yang digelar PTSG. Event ini menurutnya memotivasi dan menggugah desa untuk lebih menguatkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan pekarangan.

 ”Kami makin terpacu untuk meningkatkan gizi dan kebutuhan pangan warga desa dengan program P4L,” ujar wanita yang pernah menjadi narasumber dalam Webinar Optimalisasi Pekarangan untuk Ketahanan Pangan yang diselenggarakan Masterplandesa.com. (*)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya