alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Features
icon featured
Features

Bendungan Randugunting Jadi Potensi Wisata Ekonomi Kreatif

10 Oktober 2021, 17: 39: 11 WIB | editor : Saiful Anwar

MENGHAMPAR: Bendungan Randugunting juga berpotensi menumbuhkan ekonomi kreatif warga sekitar.

MENGHAMPAR: Bendungan Randugunting juga berpotensi menumbuhkan ekonomi kreatif warga sekitar. (SUBEKAN/RADAR KUDUS)

Share this      

BLORA - Banyak manfaat yang bakal dirasakan oleh masyarakat dengan hadirnya Bendungan Randugunting. Selain berfungsi untuk menampung air hujan, kedepan juga bisa dimanfaatkan untuk pertanian, air baku hingga wisata. Baik di Kabupaten Blora, Pati maupun Rembang.

PPK Bendungan Randugunting 1, Wahyu Apri Yoga menyatakan, Bendungan Randugunting ini nantinya bakal dimanfaatkan oleh tiga Kabupaten. Yakni Blora, Rembang dan Pati. Ditargetkan proyek ini selesai keseluruhan pada Juni 2022. Meski, untuk peresmiannya direncanakan November bulan depan.

Lokasi di sekitar bendungan juga dapat dikembangkan untuk obyek wisata. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian warga Blora yang tinggal di sekitar bendungan. Kabupaten Blora yang mempunyai sejumlah obyek wisata di sekitar bendungan diharapkan juga bisa lebih berkembang.

Baca juga: Pembangunan Bendungan Randugunting di Blora Capai 84 Persen

Menurutnya, bendungan ini berfungsi untuk menampung air hujan pada saat musim penghujan. Sehingga pada saat kemarau bisa difungsikan untuk irigasi pertanian yang meliputi wilayah Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati.

“Luas genangannya adalah 187,19 hektar dengan daya tampungan normal sebanyak 10,40 juta meter kubik air. Bendungan Randugunting sendiri memiliki manfaat mereduksi debit banjir sebesar 81, 42 m3/detik, penyediaan air daerah irigasi Kedengsapen, Kabupaten Rembang sebesar 630 ha dengan pola tanam Padi-Padi-Palawija, penyediaan air baku di Kabupaten Blora 100 liter/detik dan Pati 50 liter/detik serta pengembangan pariwisata air,” tambahnya.

(ks/sub/ful/JPR)

 TOP
Artikel Lainya