alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Kesehatan
icon featured
Kesehatan
Menjaga Kulit Kaki Tetap Sehat

Gunakan Pelembab dan Rajin Ganti Kaus Kaki

03 Oktober 2021, 20: 06: 11 WIB | editor : Saiful Anwar

RUTIN: Giovany Gressyana Candella sedang perawatan kulit kaki di Ghanisa Purwodadi belum lama ini.

RUTIN: Giovany Gressyana Candella sedang perawatan kulit kaki di Ghanisa Purwodadi belum lama ini. (SIROJUL MUNIR/RADAR KUDUS)

Share this      

MENJAGA kulit kaki agar tetap sehat, tidak kering, dan pecah di tumit menjadi dambaan semua perempuan. Apalagi di musim pancaroba seperti ini. Cuaca tak menentu. Akibatnya kulit kaki jadi kering dan pecah-pecah. Ditambah lagi dengan adanya permasalahan bau kaki.

Untuk menjaga agar kulit tetap sehat maka harus ada perawatan khusus. Dokter Alif Sugeng dari salon kecantikan Ghanisa Purwodadi mengatakan, penyebab kulit kering dan pecah karena kurangnya menjaga kesehatan dan perawatan. Agar kulit kaki tetap bersih dan sehat harus memakai pelembab kulit.

"Jika kulit kering maka bisa memakai pelembab kulit khusus kaki. Atur pola makan sehat dan kurangi konsumsi gula. Karena gula mempercepat penuaan pada kulit," kata dokter Alif Sugeng.

Baca juga: Mudah Perawatannya, Harga Jual Fantastik

SEHAT: Pemakaian pelembab kaki dapat menurunkan risiko kulit kering terutama saat cuaca tak menentu.

SEHAT: Pemakaian pelembab kaki dapat menurunkan risiko kulit kering terutama saat cuaca tak menentu.

Menjaga kulit agar tetap sehat tersebut juga harus diimbangi dengan hidup sehat. Yaitu dengan menjaga pola makan. Disarankan agar banyak  makan sayuran dan buah. Sebab, kulit membutuhkan  nutrisi yang ada di dalam kandungan sayur dan buah.

"Kurangi makan gorengan juga. Pakailah pelembab atau body lotion setelah mandi. Jika kulit kering bisa dipakai lagi nggak apa-apa," ujarnya.

Dijelaskan konsumsi gula sesuai dengan kesehatan maksimal 50 gram. Kemudian perbanyak minum air putih. Satu hari minimal bisa dua liter air atau delapan gelas. Sedangkan pelembab yang dipakai khusus untuk kulit.

Sementara itu, terkait dengan masalah bau kaki disebabkan karena bakteri pada kaki. Maka untuk mengatasinya harus menjaga kebersihan kaki. Terutama dalam pemakaian kaus kaki. Maksimal pemakaian sehari agar terjaga kesehatannya.

"Kalau bau ada penyebabnya. Biasanya karena pemakaian kaus kaki jarang diganti. Maka pemakaian kaus kaki sehari ganti," terangnya.

Adanya perawatan kulit kaki dan bau kaki bisa dikonsultasikan  ke dokter dan salon perawatan. Sehingga mengetahui permasalahan kulit yang dialami. Perawatan kulit kaki bisa disesuaikan  dengan kebutuhan dan permasalahannya.

"Bisa dua pekan sekali atau sebulan sekali untuk perawatan," tandasnya.

(ks/mun/ful/JPR)

 TOP
Artikel Lainya