alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Hobi
icon featured
Hobi
Merawat Sansevieria

Mudah Perawatannya, Harga Jual Fantastik

03 Oktober 2021, 19: 56: 17 WIB | editor : Saiful Anwar

SELERA TANAMAN: Aris Magenta bersama koleksi tanaman sansevieria yang menghiasi tangga di galerinya kemarin.

SELERA TANAMAN: Aris Magenta bersama koleksi tanaman sansevieria yang menghiasi tangga di galerinya kemarin. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

SANSEVIERIA saat ini kembali hits. Sebagian masyarakat ada yang menyebut dengan nama lidah mertua. Tanaman ini kerap menghiasi halaman rumah, karena manfaatnya yang luar biasa. Di antaranya dapat memperbaiki kualitas udara, karena menyerap polusi udara.

Pemeliharaannya juga mudah. Tidak terlalu ribet. Dari hal tersebut, banyak orang tertarik untuk memilikinya. Seperti Aris Magenta. Koleksi tanaman sansevieria miliknya lumayan banyak. Ada sekitar 20 jenis.

”Awalnya kakaknya yang memelihara. Kemudian saya mulai tertarik dan diberi. Juga dikasih tahu cara pemeliharannya. Cukup simpel dan tak rewel. Jenisnya macam-macam dengan warna yang bervariasi. Ada yang saya tata di galeri jadi hiasan ruangan. Saya tata ditangga dan di rumah ada beberapa dengan ukuran cukup besar,” jelasnya.

Baca juga: Selain Enak dan Juga Bikin Rileks

Aris mengatakan, koleksi sansevieria jenisnya yang lama, rata-rata ia dapat dari kakanya. Ada juga yang beli di Semarang. Di antaranya jenis downsi. Dulunya dia beli kisaran harga Rp 300 ribu. Sekarang ukurannya sudah sekitar dua meter dan ditawar orang Rp 1 juta.

Dia menuturkan, saat ini dia lebih suka jenis yang kecil sampai sedang. Seperti sansevieria golden hahnii.

Ia belajar cara merawat tanaman lidah mertua dari kakaknya. Untuk menanam lidah mertua agar cepat beranak, sebaiknya menggunakan pot yang berukuran kecil. ”Dengan menggunakan pot kecil, pada saat akar sudah memenuhi pot, akan merangsang untuk menghasilkan anak,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam menanam sansevieria harus menggunakan media yang poros. Misalnya bisa menggunakan media campuran sekam dan sedikit cocopeat. Hal yang paling penting dengan menambahkan pasir malang yang banyak pada medianya. Karena mengandung bahan yang vulkanis.

Tidak hanya itu, pasir malang mengandung mineral yang cukup banyak serta mempunyai fungsi dapat menjaga keporosan pada media tanam. Sansevieria ini, tanaman yang kurang suka dengan keadaan lembap. Karena bisa membuat cepat membusuk dan berakhir mati.

Tanaman lidah mertua termasuk jenis tanaman yang jarang dikasih pupuk. Jarak waktu pemupukan tiga hingga empat bulan sekali dirasa sudah cukup untuk kebutuhan tanaman ini, supaya cepat beranak atau bertunas.

(ks/lin/san/ful/JPR)

Rekomendasi Untuk Anda

 TOP
Artikel Lainya