alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Pati Segera Miliki Perda Dana Abadi Pesantren

17 September 2021, 10: 04: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

BAMBANG SUSILO, KETUA DEWAN PIMPINAN CABANG (DPC) PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB)

BAMBANG SUSILO, KETUA DEWAN PIMPINAN CABANG (DPC) PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB) (DOK. RADAR KUDUS)

Share this      

PATI - DPRD Pati tengah mengupayakan pembuatan peraturan daerah (Perda) tentang dana abadi pesantren. Targetnya sudah ditetapkan tahun depan. Sebelum pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni 2022.

Dana abadi pesantren ditetapkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren. Dana yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren. Yang merupakan bagian dari dana abadi pendidikan.

Menanggapi kebijakan tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pati Bambang Susilo mengatakan, akan mengupayakan pembahasan Perda tentang pesantren di Kabupaten Pati bisa menjadi prioritas. Menurutnya, adanya Perpres ini sangat penting bagi kehidupan pesantren. Soalnya, selama ini memakai biaya mandiri.

Baca juga: Google Meet dan Pembelajaran Jarak Jauh

”Saat ini persiapan memasukkan usulan pembentukan Perda. Targetnya 2022 sudah punya Perda ini,” katanya.

Pengusulan pembahasan Perda di DPRD Kabupaten Pati harus melalui mekanisme. Harus melalui usulan Perda. Juga harus masuk dalam Program Pembentukan Perda (Propemperda). Setelah masuk Propemperda, akan diparipurnakan.

”Soalnya untuk Propemperda tahun ini sudah di-dok/ditetapkan. Oleh karena itu, harus menunggu perancanaan pembentukan Perda tahun depan. Yang akan dilakukan akhir tahun ini,” jelas Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati itu.

Keputusan Pemerintah Republik Indonesia terkait Dana Abadi Pesantren disambut baik pihaknya. Menurut Bambang, keputusan ini merupakan buah dari perjuangan anggota Fraksi PKB di DPR RI.

”Alhamdulillah kami sangat bersyukur. Presiden Jokowi telah menerbitkan Perpres ini. Harapannya agar pendidikan pesantren berjalan dengan baik. Memberi kontribusi yang nyata. Dan membangun moral yang baik di Pati,” ujar Bambang saat ditemui kemarin.

(ks/aua/him/ful/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya