alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Peran Lingkungan dalam Membentuk Karakter Anak

17 September 2021, 10: 03: 33 WIB | editor : Ali Mustofa

Heru Susanto, S.Pd.; Guru SDN 2 Pendem, Ngaringan, Grobogan

Heru Susanto, S.Pd.; Guru SDN 2 Pendem, Ngaringan, Grobogan (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

KARAKTER ialah perilaku nilai-nilai manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, sesama manusia, lingkungan, diri sendiri, dan kebangsaan yang terwujud di dalam adat istiadat, budaya, tata karma, hukum, pemikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama. Lingkungan adalah kesatuan dengan segala sesuatu ruang, daya, keadaan, dan makhluk hidup. Termasuk manusia dan perilaku yang mempengaruhi kelangsungan mata pencaharian dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya (UU No. 23 Tahun 1997).

Kegiatan pengenalan lingkungan diharapkan membawa dampak yang signifikan dan permanen terhadap pembentukan karakter anak. Berupa peduli lingkungan dan menumbuhkan empati dan kesadaran pada diri sebagai makhluk sosial.

Kaimuddin dalam jurnal bertajuk ”Implementasi Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013” (2014) menuturkan, pendidikan karakter merupakan usaha sadar yang terencana dan terarah melalui lingkungan pembelajaran untuk tumbuhkembangnya seluruh potensi manusia yang memiliki watak berkepribadian baik, bermoral-berakhlak, serta berefek positif konstruktif pada alam dan masyarakat.

Baca juga: Bupati Andi: Kemiskinan Turun Salah Satunya Karena Program PKH

Karakter juga merupakan evaluasi kualitas tahan lama suatu individu tertentu atau disposisi untuk mengekspresikan perilaku dalam pola tindakan yang konsisten diberbagai situasi. Hal ini menunjukkan karakter memang terbentuk, karena pola tindakan yang berstruktur dan dilakukan berulang-ulang, agar dalam pembentukan karakter anak dapat berjalan dengan baik.

Dalam membentuk karekter anak lingkungan sangat berperan penting. Adapun lingkungan yang dapat membentuk karakter anak itu ada tiga. Meliputi, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Pertama, peran lingkungan keluarga. Di dalam benak bapak atau ibu sekalian pasti banyak bertanya kenapa lingkungan keluarga berperan dalam membentuk karakter anak? Jawabannya, karena lingkungan keluarga merupakan faktor yang paling penting dalam pembentukan karakter. Karena dari sanalah dasarnya. Proses mulai lahir hingga dewasa, memperoleh didikan dari keluarga. Pentingnya pengaruh keluarga akan menjadi dasar bagaimana kita kelak berperilaku setelah terjun di masyarakat.

Kedua, peran lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah memiliki peranan penting dalam pembentukan perilaku sosial siswa, sehingga dari tujuan pendidikan dapat diwujudkan secara maksimal. Guru sebagai model keteladan untuk para siswanya, serta masyarakat di sekitar lingkungan sekolah dapat meninjau bagaimana kegiatan kependidikan di sekolah tersebut.

Ketiga, peran lingkungan masyarakat. Peran lingkungan masyarakat dalam pendidikan karakter adalah untuk mengajarkan keterampilan memecahkan masalah, seperti menganalisa masalah, menetapkan tujuan, serta memikirkan konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang dari sebuah tindakan yang akan diambil.

Sebagai contoh, Nurul Aprilia adalah siswi kelas V SD Negeri 2 Pendem. Ketika mengumpulkan tugas ke sekolah, dia selalu berboncengan dengan Putri. Setelah saya tanya kepada Nurul Aprilia, ternyata Putri tidak mempunyai sepeda. Jika orang tua di rumah mengajarkan sikap peduli kepada sesama, anaknya juga akan mempunyai sikap peduli kepada sesama. Dari contoh kecil ini, kita bisa menyimpulkan, hal kecil yang ditanamkan di lingkungan keluarga dapat membentuk karakter anak yaitu menjadi pribadi yang peduli.

Dari contoh itu, disimpulkan bahwa lingkungan sangat berperan dalam membentuk karakter anak, apakah anak ini nanti berkelakuan baik atau berkelakuan tidak baik. Untuk itu, harus ada kerja sama yang baik antara guru/sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam membimbing anak agar menjadi pribadi yang baik. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya