alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Anyflip Membuat Bahan Ajar Digital Lebih Mudah

16 September 2021, 09: 46: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

Nur Setyorini, S.Pd., M.Pd.; Guru Bahasa Inggris SMP 2 Kaliwungu, Kudus

Nur Setyorini, S.Pd., M.Pd.; Guru Bahasa Inggris SMP 2 Kaliwungu, Kudus (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

PEMBELAJARAN jarak jauh (PJJ) dengan sistem daring sudah berlangsung lebih dari empat semester. Walaupun pembelajaran tatap muka (PTM) sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 420/0011645 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2021/2022 Pada Satuan Pendidikan dalam Rangka Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Jateng telah diizinkan dilaksanakan, tetapi pelaksanaannya masih dalam terbatas atau uji coba. Sehingga pembelajaran daring tetap dilaksanakan untuk menyeimbangkan durasi waktu yang terbatas pada pelaksanaan PTM.

Berbagai strategi pembelajaran harus dapat guru sajikan sebagai layanan PJJ. Ini dikarenakan agar peserta didik tidak merasa bosan dan tetap bersemangat untuk belajar. Dengan dukungan media dan bahan ajar yang menarik, pembelajaran daring akan tetap menyenangkan, sehingga kompetensi yang guru harapkan akan bisa tercapai secara maksimal.

Berawal dari kegiatan pelatihan membuat eLKPD dengan Anyflip dan Book Creator yang diselenggarakan OnEduMind.com, saya mencoba membuat bahan ajar untuk mengajarkan konsep teks recount bagi peserta didik kelas VIII SMP. Bahan ajar yang saya buat adalah bahan ajar digital dengan memanfaatkan platform AnyFlip.

Baca juga: Nyamar Dadi Wadon, Tetep Wae Konangan

AnyFlip merupakan sebuah platform yang menawarkan kepada kita dalam pembuatan buku digital. Prosesnya sangatlah mudah seperti dengan platform-platform lain. Langkah pertama adalah mengunjungi situs AnyFlip yaitu https://anyflip.com/. Tetapi sebelum masuk ke situs AnyFlip, kita harus sudah mempunyai file yang akan kita jadikan bahan ajar digital dalam bentuk file PDF.

Setelah kita mempunyai file bahan ajar dalam bentuk PDF langkah selanjutnya adalah kita masuk pada laman https://anyflip.com/, kemudian mendaftar untuk mendapatkan akun pengguna. Untuk mendaftar kita bisa memakai akun Google maupun akun media sosial yang kita punya.

Setelah kita terdaftar, kemudian kita login menggunakan akun yang sudah kita daftarkan. Setelah masuk pada laman Anyflip, langkah selanjutnya adalah klik add new book. Ketik judul buku yang akan dibuat sesuai petunjuk yang ada pada AnyFlip. Setelah terisi semua langkah terakhir adalah upload file atau mengunggah file bahan ajar yang berbentuk file PDF ke dalam AnyFlip. Tunggu beberapa saat, maka bahan ajar berbasis digital selesai dan siap digunakan dan dibagikan kepada peserta didik hanya dengan meng-copy link bahan ajar digital tersebut.

Strategi ini digunakan dalam pembelajaran secara daring, agar peserta didik tetap mendapatkan materi secara utuh dan bisa dipelajari kapan dan di mana saja, hanya dengan mengakses link yang diberikan. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya