alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Simulasi PTM dan PTM Terbatas

16 September 2021, 09: 21: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

Sri Nurwati, S.Pd.SD.; Kepala SD Negeri 1 Sumberagung, Kec. Ngaringan, Kab. Grobogan

Sri Nurwati, S.Pd.SD.; Kepala SD Negeri 1 Sumberagung, Kec. Ngaringan, Kab. Grobogan (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

BUPATI Grobogan pada tanggal 31 Agustus 2021 telah mengeluarkan Instruksi Nomor 7 Tahun 2021 tentang PPKM Level 2 Corona Virus Diseae 2019 di Kabupaten Grobogan. Pada Diktum Kesatu butir a dijelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh, yang mekanismenya diatur lebih lanjut oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan dengan berpedoman pada petunjuk dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Grobogan.

Menindaklanjuti Instruksi tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan pada tanggal 6 September 2021 mengajukan permohonan izin untuk penyelenggaraan simulasi PTM dan PTM terbatas di satuan pendidikan jenjang SD dan SMP kepada Bupati Grobogan selaku Ketua Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Diseae 2019 Kabupaten Grobogan. Usulan diterima dan telah mendapatkan rekomendasi dari Bupati Grobogan. Sebagaimana terdapat dalam Lampiran Surat Rekomendasi Bupati Grobogan Nomor 360/3499/2021 tertanggal 6 September 2021, sebanyak 327 satuan pendidikan jenjang SD dan 58 jenjang SMP direkomendasikan dapat menyelenggarakan Simulasi PTM dan PTM terbatas.

Terdapat enam ketentuan yang tertuang dalam Surat Rekomendasi Bupati Grobogan tersebut, yakni sebagai berikut. Kesatu, Semua pihak wajib melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati Grobogan Nomor 48 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Diseae 2019 (Cobvid-19) di Kabupaten Grobogan. Kedua, satuan pendidikan wajib memenuhi 100% indikator penerapan protokol kesehatan, memperoleh penilaian daftar periksa kesiapan satuan pendidikan oleh tim verifikasi/visitasi sesuai kewenangan, mendapat izin dari orang tua/wali murid dan komite satuan pendidikan sebagaimana Surat Edaran Setda Provinsi Jawa Tengah Nomor 420/0011645 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2021/2022 pada satuan pendidikan dalam rangka pengendalian penyebaran Corona Virus Diseae 2019 (Covid-19) di Jawa Tengah. Ketiga, jumlah siswa dalam satu kelas maksimal 18 orang dengan durasi waktu tiap jam pelajaran @30 menit, dalam satu hari maksimal 4 jam pelajaran tanpa istirahat. Keempat, guru dan tenaga kependidikan wajib telah mendapatkan vaksin Covid-19 secara lengkap. Kelima, pelaksana PTM wajib membuat laporan sebagai dasar pelaksanaan PTM tahap beriktnya. Keenam, Pemerintah Kabupaten Grobogan berwenang menghentikan penyelenggaraan kegiatan sewaktu-waktu apabila dalam pelaksanaan kegiatan ditemukan pelanggaran terhadap ketentuan yang telah ditetapkan.

Baca juga: Sadifa - PLN UIK TJB Makin Produktif

Sekolah Dasar Negeri 1 Sumberagung, Kecamatan Ngaringan menjadi salah satu sekolah yang diusulkan dan telah mendapatkan rekomendasi untuk menyelenggarakan simulasi PTM dan PTM secara terbatas. Ini merupakan angin segar bagi semua warga satuan pendidikan.

Persiapan yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk menyelenggarakan simulasi PTM dan PTM secara terbatas telah dilakukan. Kepala Sekolah telah membentuk Satgas Gugus Covid-19 di tingkat sekolah dan membuat panduan penyelenggaraan PTM terbatas. Pengadaan dan perbaikan sarana sanitasi dan kebersihan, antara lain fasilitas CTPS, dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer), dan cairan disinfektan. Pemetaan warga satuan pendidikan yang tidak boleh melakukan kegiatan di satuan pendidikan sudah dilaksanakan, membuat perjanjian kerja sama dengan Puskesmas Ngaringan, serta meminta persetujuan orang tua/wali siswa untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Semoga simulasi PTM dan PTM terbatas di SD Negeri 1 Sumberagung dapat berjalan lancar. Selanjutnya berharap agar pandemi Covid-19 segera berlalu dan pembelajaran tatap muka secara normal di sekolah dapat segera dilaksanakan. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya