alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Praktek ASIK di SMK di Masa Pandemi

16 September 2021, 09: 18: 36 WIB | editor : Ali Mustofa

Amin Prajogo, S.E, M.M.; Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Negeri 1 Purwodadi

Amin Prajogo, S.E, M.M.; Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Negeri 1 Purwodadi (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) sangat perlu untuk melaksanakan praktek untuk setiap jurusan dan paktek industri yang istilahnya dikenal Dunia usaha atau Dunia Industeri DU/DI. Di masa pandemi ini banyak kendala yang harus dihadapi baik untuk guru, siswa dan DU/DI. Kendala ini terutama untuk perizinan praktek dari DU/Di masa pandemi yang sangat sulit karena aturan pembatasan dan untuk pembelajaran praktek di sekolah juga sulit terlaksana dan semua dilakukan secara daring.

Siswa banyak terkendala untuk melaksanakan praktek terutama untuk pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan sesuai jurusan dan keahlian masing-masing peserta didik di kelas XI OTKP 1 dan 2, XII OTKP 1 dan 2 di SMK Negeri 1 Purwodadi.

Pembelajaran secara daring yang harus dijalani setiap siswa memiliki kendala yang sangat beragam, tidak seperti waktu praktek disekolah walaupun ada kendala bisa dikomunikasikan secara langsung oleh siswa dalam satu kelompok kerja atau langsung kepada pengajar guru saat itu. Kendala yang sering dikeluhkan siswa selama menjalani semua pembelajaran mulai dari sinyal, kuota yang tidak mencukupi dan banyaknya guru yang memberikan tugas dalam pembelajaran daring, luring dan tatap muka sesuai intruksi Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Purwodadi yang harus sesuai  dengan dan memenuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Rancangan APBD Perubahan Jepara Ditenggat Akhir September

Setelah lulus nanti setiap siswa bisa terjun ke dunia bisnis dan membuka usaha sendiri, serta dapat menciptakan lapangan kerja. Menurut Bloom, “Belajar secara umum dapat diartikan sebagai proses terjadi dengan sendirinya karena proses kematangan, tetapi ada yang sengaja direncanakan. Sedangkan, mengajar merupakan seluruh kegiatan dan tindakan yang diupayakan oleh guru untuk terjadinya proses belajar sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan”.

Solusi dari kendala pembelajaran praktek ini dengan cara pemberian materi praktek terlebih dahulu terhadap siswa bisa melalui berbagai literature yang mendukung pembelajaran praktek. Pembelajaran ini bisa diberikan oleh Bapak Ibu guru menggunakan pembelajaran jarak jauh misalnya WhatsApp group kelas, Google class room dan google meet.

Penggunaan media ini dipilih mana yang lebih efektif dan tepat sasaran yang bisa menjangkau semua siswa dengan segala kendala yang ada dan dapat mendukung penugasan praktek bagi siswa peserta didik. Setelah pertemuan pertama siswa menjadi paham dan memahami prosedur praktek yang telah dilakukan, terlebih dahulu seorang guru harus membuat prosedur praktek yang dikenal istilah jobsheep yang membuat alur dalam praktek siswa.

Guru dalam membuat prosedur praktek yang harus dijalankan siswa harus mencantumkan tugas secara berurutan dan simultan dalam pembelajaran mulai urutan pertama menuliskan identitas siswa secara lengkap, menjalankan prosedur praktek mulai awal sampai akhir, dan membuat intruksi kerja praktek mulai mempersiapkan praktek selama praktek dan selesai praktek apa yang harus disipakan dan dilakukan siswa dalam praktek untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan selama praktek berjalan dan memiliki tujuan yang jelas dan terarah.

Pertemuan yang kedua guru dapat mengulangi lagi materi yang kemarin disampaikan kepada siswa dan guru memberikan praktek secara langsung yang dapat dilihat siswa sambal siswa melakukan praktek di tempat masing-masing. Guru menjelaskan praktik menggunakan google meet agar siswa peserta didik dapat melihat, mengamati dan mencontoh apa yang Bapak Ibu guru ajarkan secara langsung, sehingga terjadi interaksi timbal balik antara guru dengan murid agar memudahkan dalam proses belajar mengajar.

Perubahan perilaku akibat interaksi individu dengan lingkungan akan membuka cakrawala cara berfikir siswa bahwa praktek untuk anak SMK adalah suatu keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dengan berbagai alasan pandemi atau kurang peralatan untuk praktek yang harus dijalankan siswa. Pembelajaran praktek ini sangat diperlukan untuk memenuhi KKM dan kreteria tugas dan praktek yang mendukung pembelajaran secara daring yang tentu banyak kendala dan banyak problem yang harus dihadapi dan diatasi secara sadar dan secara bagus agar tujuan pembelajaran dapat tercipta dengan kondusif.  Sedikit pembagian ilmu pengetahuan praktek yang singkat ini kurang dari kata yang sempurna semoga pembaca dapat mengambil hikmah dari sedikit beragi ditulisan ini. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya