alexametrics
Selasa, 26 Oct 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Guling Solusi Tepat Pembelajaran pada Masa Pandemi

15 September 2021, 21: 33: 10 WIB | editor : Ali Mustofa

Erry Utomo, S.Pd.SD.; Guru Kelas VI, SD Negeri 3 Bandungsari, Kec. Ngaringan, Kab. Grobogan

Erry Utomo, S.Pd.SD.; Guru Kelas VI, SD Negeri 3 Bandungsari, Kec. Ngaringan, Kab. Grobogan (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

WHO (World Health Organization atau Badan Kesehatan Dunia) secara resmi mendeklarasikan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi pada tanggal 9 Maret 2020. Artinya, virus corona telah menyebar secara luas di dunia. Istilah pandemi terkesan menakutkan tapi sebenarnya itu tidak ada kaitannya dengan keganasan penyakit tapi lebih pada penyebarannya yang meluas. Sehingga pemerintah menghentikan penyebaran virus corona dengan menghentikan pembelajaran tatap muka. Pandemi menyebabkan krisis pendidikan disemua jenjang pendidikan. Keadaan seperti ini mempersempit ruang gerak kita dalam kegiatan pembelajaran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerbitkan Instruksi Gubernur Jawa Tengah Nomor 10 Tahun 2021 tentang implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Level 3, Level 2 Corona Virus Disease di Provinsi Jaang masuk dalam lwa Tengah, terkait Pendidikan. Kabupaten/kota masuk dalam level 4 maka pembelajaran tetap daring. Dan level 3 dalam aglomerasi level 4, maka dia (daerah) pun masih daring. Untuk daerah kabupaten/ kota yang level 2 dan level 3 itu dipersilakan untuk melaksanakan PTM terbatas.

Pada kondisi saat ini guru harus bisa memilih metode yang tepat agar pembelajaran efektif dan efisien. Ada beberapa metode pembelajaran pada masa pandemi,salah satunya dengan guling . Guling akronim dari guru keliling.yang artinya guru berkeliling ke rumah-rumah peserta didik. Metode ini dilakukan karena sekolah tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka. Metode pembelajaran guling tidak ada pada teori belajar pembelajaran terkenal pada masa sebelumnya. Guling disebut juga  home visit .Guling dilaksanakan dengan cara para guru mengunjungi tempat tinggal siswa untuk memberikan pembelajaran, dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi anak didik..

Baca juga: Mengoptimalkan Peran Otak Kanan dan Kiri

Dengan menerapkan metode pembelajaran guru keliling, peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang tidak didapat saat pembelajaran daring. Sehingga pembelajaran lebih bermakna. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya