alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Eks Napi Ungkap Sel di Lapas Tangerang Tak Terkunci, Narkoba Bebas

15 September 2021, 15: 23: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

Eks Napi Ungkap Sel di Lapas Tangerang Tak Terkunci, Narkoba Bebas

TANGERANG – Fakta mengejutkan terungkap di balik kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang beberapa waktu lalu. Hal itu diungkapkan salah satu eks napi I. I bebas dari penjara tahun lalu. Dia menyebut, selain longgarnya keamanan dalam, narkoba beredar secara bebas di lapas itu.

Dia mengungkapkan, selama bertahun-tahun dirinya di lapas, kamar sel tidak pernah sekali pun dikunci. Sebab, para napi yang tidur di aula harus masuk kamar jika ingin menggunakan toilet.

I telah menjajal beberapa blok di lapas tersebut. ”Gue di blok-blok mana juga nggak pernah dikunci. Mau gimana juga, kan orang (dari) aula mau buang air kecil sama buang air besar masuk kamar,” ungkapnya kepada Jawa Pos sebagaimana dikutip radarkudus.jawapos.com.

Baca juga: PPKM Turun ke Level 2, Pemkab Pati Uji Pembukaan Wisata Alam

Menurut I, penguncian hanya dilakukan pada pintu masuk dan pintu antarblok. Pintu antarblok juga hanya dikunci kala malam. Selebihnya, para napi bebas berlalu-lalang di area dalam lapas.

Dia juga meragukan penyebab kebakaran karena korsleting listrik. Dari foto yang dimilikinya, terdapat luka dari benda tajam pada bagian tubuh korban. Menurut I, tidak sulit membuat senjata tajam di dalam lapas. ’’Bikin BR (senjata tajam) gampang di sana. Di sana, ada besi,’’ ungkapnya.

Keterangan itu bertolak belakang dengan pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly. Dia menyebutkan, banyak korban dalam kebakaran lapas itu karena para napi terkunci di dalam lapas. Menurut dia, hal itu sesuai dengan protap yang ada.

’’Kalian (wartawan) bertanya mengapa (pintu sel) dikunci? Memang protapnya lapas harus dikunci. Kalau nggak dikunci, nanti melanggar protap,’’ kata Yasonna.

Selain kondisi penjara, I menceritakan bebasnya peredaran narkoba di lapas tersebut. Pria yang juga mantan terpidana kasus narkoba itu mengaku lebih tenang menggunakan barang haram tersebut di dalam lapas ketimbang di luar.

Sementara itu, Kalapas Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartono saat dikonfirmasi menolak berkomentar mengenai hal-hal tersebut. Dia mengaku masih berfokus menangani korban kebakaran. ’’Kami konsentrasi menangani korban kebakaran. Silakan komunikasi dengan Kabaghumas Ditjenpas untuk menjelaskan,’’ katanya. (jawapos.com)

(ks/jpc/top/JPR)

 TOP