alexametrics
Minggu, 24 Oct 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Waduh, Mau USG Saja Warga Karimunjawa Harus Nyeberang ke Jepara

14 September 2021, 07: 22: 07 WIB | editor : Ali Mustofa

Waduh, Mau USG Saja Warga Karimunjawa Harus Nyeberang ke Jepara

KARIMUNJAWA – Ibu hamil (bumil) di Kecamatan Karimunjawa membutuhkan fasilitas kesehatan Ultrasonografi (USG) untuk melihat kesehatan bayi dalam kandungan. Selama ini, untuk merasakan fasilitas ini bumil harus menyeberang ke Jepara dan memakan biaya tidak murah.

Hal itu terungkap ketika Bupati Jepara Dian Kristiandi mendampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau Puseksmas Karimunjawa, Posyandu Kenanga, dan PAUD Harapan Bunda Karimunjawa Jumat (10/9). Mereka melihat kesiapan tenaga kesehatan, kader, dan pendidik memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Saat bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sriatimah menceritakan keinginannya bersama ibu hamil lainnya kepada gubernur. Mereka berharap agar Pemprov Jawa Tengah membantu pengadaan alat USG untuk warga Karimunjawa.

Baca juga: Stok Terbatas, Satu RT di Rembang Kirim Wakil Ngantre Solar

”Ini anak saya sudah tujuh bulan pak, kalau ingin USG harus nyeberang dulu ke Jepara,” kata dia.

Sriatimah menambahkan, tidak adanya fasilitas USG di tempatnya, membuat dirinya harus mengeluarkan uang lebih. Bahkan, ia menyebut sekali USG ke Jepara bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 1 juta. Padahal untuk USG tidak hanya sekali.

”Karena butuh biaya penginapan buat beberapa hari dis ana, belum kapal untuk perjalanan. Soalnya kalau nggak USG nggak boleh, harus itu (USG, Red),” ungkap Sriatimah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, Karimunjawa ini menjadi prioritas untuk fasilitas kesehatan termasuk USG. Ini penting untuk mengetahui kondisi bayi di kandungan. Sehingga dapat mengurangi risiko angka kematian bayi.

”Karimunjawa memang membutuhkan fasilitas khusus seperti ini. Agar tidak terkendala jarak. Saya pikir pengadaan alat USG di Karimunjawa sangat penting,” kata Ganjar.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, kesehatan ibu hamil dan anak dalam kandungan sangat penting. Asupan gizi dan vitamin harus selalu tercukupi. Bupati akan mendorong fasilitas penunjang kesehatan bagi masyarakat Karimunjawa.

USG merupakan alat yang dapat digunakan untuk beragam keperluan. Mulai dari memeriksa kondisi janin, mendeteksi penyakit, sampai membantu dokter dalam tindakan bedah atau pengambilan sampel jaringan (biopsi).

(ks/war/lid/top/JPR)

 TOP