alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Kwarcab Pramuka Rembang Kali Pertama Gelar Kegiatan Narakarya

14 September 2021, 06: 51: 05 WIB | editor : Ali Mustofa

TERUS BERGERAK: Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka  Rembang mengadakan upacara Pembukaan Kegiatan Narakarya di aula sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang, Sabtu lalu (11/9).

TERUS BERGERAK: Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka  Rembang mengadakan upacara Pembukaan Kegiatan Narakarya di aula sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang, Sabtu lalu (11/9). (KWARCAB REMBANG FOR RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Rembang mengadakan upacara Pembukaan Kegiatan Narakarya di aula sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang,  Sabtu lalu (11/9). Kegiatan ini merupakan lanjutan setelah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) yang dinamakan  “Narakarya”.

Sedangkan masa pengembangan setelah mengikuti Kursus Pelatih  Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KPD) dan Kursus Pelatih Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KPL) dinamakan “Naratama”.

“Tentunya kegiatan ini mengacu kepada UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 200 tahun 2011 tentang Panduan Kursus Pembina Mahir,” kata Ketua Pusdiklatcab Rembang, Rasdadik.

Baca juga: Pati Turun Jadi Level 2, Puluhan Pengelola Wisata Boleh Beroperasi

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi kegiatan pasca kursus bagi peserta kursus yang belum melaksanakan masa pengembangan. Mengeluarkan lisensi resmi Pembina Pramuka atau Pelatih Pembina Pramuka

dan melakukan pendataan bagi peserta kursus yang telah melakukan pengembangan. “Menggunakan tata cara rekreatif dan edukatif dalam mencapai sasaran dan tujuannya,” ungkapnya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Rembang melalui Ketua Harian Nur Rofik berharap, anggota dewasa agar dapat berfungsi efektif dalam mencapai keberhasilan peserta didik supaya kelak dapat berguna dan mampu di lingkungan dimana ia berada. Yang dimulai dari pembinaan, pemberian bekal pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada para pembina pramuka melalui berbagai pendidikan formal dalam gerakan kepramukaan di antaranya Kursus Mahir Dasar.

"Karena situasi masih pandemi, maka kegiatan Narakarya ini dilaksanakan secara Protokol Kesehatan yang sangat ketat," imbunya.

Kegiatan Narakarya ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh Kwarcab Rembang sejak aturan ditetapkan tahun 2018. Seharusnya setelah kegiatan KMD atau KML, Kwarcab harus memfasilitasi peserta yang sudah dinyatakan lulus untuk  melaksanakan pembimbingan di masing-masing Gugus Depan.

(ks/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya