alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Pembelajaran Teks Eksplanasi dengan Memanfaatkan Ponsel

13 September 2021, 09: 37: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

Lucas Suprijanto, M.Pd.; Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Purwodadi, Grobogan

Lucas Suprijanto, M.Pd.; Guru Bahasa Indonesia SMPN 2 Purwodadi, Grobogan (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

TEKS eksplanasi pada dasarnya adalah teks yang isinya menjelaskan suatu proses ilmiah. Proses ini terjadi secara ilmiah yang ada kaitannya dengan alam ataupun sosial budaya. Bentuk dari teks eksplanasi secara umum terdiri atas pernyataan umum, penjelas, dan simpulan (Icha Latifa Hanum: 106).

Teks eksplanasi bertujuan menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa. Baik alam, sosial, maupun budaya. Teks eksplanasi ditulis untuk menjawab pertanyaan bagaimana atau mengapa. Pertanyaan bagaimana membutuhkan jawaban berupa deskripsi. Pertanyaan mengapa membutuhkan jawaban berupa penjelasan proses sebab-akibat.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran teks eksplanasi dipecah dalam beberapa kali pertemuan daring. Meliputi, pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, informasi dalam teks eksplanasi, rangkuman informasi teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, kaidah kebahasaan teks eksplanasi, dan penyusunan teks eksplanasi.

Baca juga: Project Based Learning untuk PTM

Dengan adanya pandemi Covid-19, pembelajaran di kelas digantikan oleh pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring. Guru harus kreatif dalam mengemas materi pembelajaran, sehingga tetap diminati peserta didik.

Ada berbagai kanal yang dapat dipilih. Guru harus menguasai cara memanfaatkan media pembelajaran online, antara lain Whatsapp (WA), Goggle Classroom, Google Form, Zoom, Microsoft Teams, dan sebagainya. Untuk mengaksesnya, peserta didik dapat menggunakan ponsel (telepon selular) berbasis android.

Materi pembelajaran dirancang dengan memaksimalkan program Bandicam. Hasil rekaman diunggah ke kanal Youtube. Link Youtube diunggah di WA grup kelas, sehingga peserta didik dapat menyimak dan mempelajari materi dengan sebaik-baiknya.

Jika merasa kurang jelas, peserta didik dapat membuka ulang link  tersebut. Guru juga harus menyiapkan tugas terpisah, agar mereka dapat mengirimkan tugasnya dengan mudah. Guru bisa memaksimalkan Google Form dan atau Microsoft Team. Dengan cara itu, pembelajaran akan mudah dipantau. Peserta didik yang belum mengerjakan tugas diingatkan melalui WA. Tugas siswa selain dikirim via daring (difoto). Juga diserahkan langsung ke guru mata pelajaran (maple) untuk didokumentasikan dalam portofolio.

Program Bandicam bisa dengan mudah dibeli via online. Pengoperasiannya yang amat mudah menjadikan dipilih para guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Ada beberapa pilihan tampilan yang dipadukan dengan materi berformat Powerpoint, agar materi pembelajaran mudah dipahami.

Pembelajaran teks eksplanasi dengan memaksimalkan ponsel akan menjadikan kegiatan tersebut diminati oleh peserta didik. Apalagi jika ditampilkan dengan bahasa yang sederhana dan singkat. Guru memantau dan merespons peserta didik melalui WA grup kelas. Pertanyaan peserta didik dijawab di situ, agar yang lain bisa mengikuti dan turut merespons. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya