alexametrics
Minggu, 24 Oct 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi
Ramen, Mi Jejepangan Kuah dan Goreng

Kuah Bikin Gobyos, Toppingnya Mengenyangkan

12 September 2021, 23: 27: 02 WIB | editor : Ali Mustofa

MAAKK NYUUSSS: Sajian ramen smooth beef ditambah toping fish ball dan telur rebus menggugah selera untuk disantap.

MAAKK NYUUSSS: Sajian ramen smooth beef ditambah toping fish ball dan telur rebus menggugah selera untuk disantap. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Share this      

MI menjadi makanan yang digemari banyak orang. Tekstur kenyal dan rasanya yang berbagai macam, tidak pernah bikin bosan. Ada yang goreng ataupun direbus. Salah satu menu mi yang hits di kalangan masyarakat adalah ramen.

Kuliner khas Jepang ini, sangat familiar. Banyak warung makan yang menjual khusus jenis ramen dan digemari anak muda. Perpaduan mi dengan kuah bercita rasa gurih akan membuat lidah bergoyang dan perut hangat. Apalagi dengan tambahan topping sayuran dan beberapa jenis daging.

Mi dalam ramen bentuknya lebih tipis. Biasanya dimakan dengan guyuran kuah kaldu. Beragam rasa. Seperti shoyu dan miso serta dicampur berbagai sayuran seperti toge dan rumput laut. Bisa juga ditambah irisan wortel.

Baca juga: Unyu dan Gemes dengan Rompi Rajut

VARIAN LAIN: Tampilan ramen kuah dan yaki, ramen tanpa kuah dengan taburan katsuobushi.

VARIAN LAIN: Tampilan ramen kuah dan yaki, ramen tanpa kuah dengan taburan katsuobushi. (INDAH SUSANTI/RADAR KUDUS)

Yasoda, salah satu penggemar ramen, saat menyantap pesanan di warung makan khusus ramen di Jalan HOS Cokroaminoto mengatakan, kuah yang segar dan pilihan level kepedasan membuatnya jatuh hati.

”Saya suka kuahnya. Apalagi semangkuk ramen dengan beragam pilihan toping bisa mengeyangkan perut. Favorit saya ramen chicken katsu dengan pedas level 5. Makan ramen bisa keringatan. Kuah panas dicampur rasa pedas membuat tubuh merasakan sensasi yang nikmat,” jelasnya.

Ia menambahkan, ramen sebetulnya tidak jauh berbeda dibanding mi pada umumnya. Yang membedakan rasa kuah kaldunya. Di samping itu, ada tambahan jenis daging ayam, daging sapi, fish ball, dan telur rebus.

Sementara itu, ramen tidak hanya dalam bentuk kuah, tapi ada juga yang goreng atau yaki ramen. Sekilas seperti mi goreng biasa. Tapi setelah disantap, ada rasa yang berbeda. Seperti ramen kuah tapi disajikan dalam bentuk goreng.

Taburan katsuobushi yang terbuat dari ikan cakalang, menambah lezat yaki ramen. Di dalamnya ada sayuran seperti sawi dan wortel. Sawinya ada yang memakai jenis sawi hijau biasa. Ada juga yang menggunakan sawi sendok atau pakcoy.

Wahyu Santosa, salah satu karyawan warung makan ramen di Kudus mengatakan, ramen andalan yang ditawarkan ke pelanggan yakni ramen fish ball, smooth beef, dan yaki ramen. Tingkat kepedasan sesuai dengan level.

”Ada yang pesan sampai level 10. Ramen memang paling enak disantap dengan rasa pedas. Rata-rata pengunjung yang datang ke warungnya, remaja sampai dewasa. Kami memberikan beragam pilihan ramen sesuai selera dan dipastikan cita rasa menggugah selera,” imbuhnya.

(ks/san/lin/top/JPR)

 TOP