alexametrics
Minggu, 24 Oct 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Aktivitas Jual Beli di Pasar Kliwon Pulih, Orderan Luar Kota Los Dol

23 Agustus 2021, 11: 17: 11 WIB | editor : Ali Mustofa

MULAI PULIH: Kondisi perdagangan di Pasar Kliwon mulai membaik. Pedagang dapat orderan luar kota.

MULAI PULIH: Kondisi perdagangan di Pasar Kliwon mulai membaik. Pedagang dapat orderan luar kota. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Kegiatan jual beli di Pasar Kliwon Kudus mulai pulih. Sepekan lalu, pedagang mulai dapat orderan ke luar. Pedagang konveksi blok A Hidayat mengaku dapat orderan setelah ada kelonggaran PPKM Level 3. Sebab sebelumnya benar-benar. “Saya ngirim ke Semarang, Kendal, dan Pekalongan,” terangnya.

Dia mengaku, untuk pembeli dari luar Jawa biasanya datang sendiri ke pasar. Namun karena ada pembatasan, jadi terhalang. “Beruntung ini ada sedikit pemulihan.  Orderan kembali jalan lagi,” terangnya.

Dia mengaku, omzet rata-rata sebulan sejak ada pandemi biasanya Rp 20 juta. Namun setelah kasus inggi omzet hanya Rp 5 juta. “Itu saja berat,” paparnya.

Baca juga: Tak Representatif, Empat Puskesmas di Kudus Dipercantik, Mana Saja?

Hidayat mengatakan, sudah mulai pulih dari pandemi 2020, diserang lagi pertengahan bulan 2021. Ia berharap kejadian serupa tidak terulang lagi.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti melalui Kabid Pengelolaan Pasar Alberthus Harys Yunanta mengatakan, sampai sekarang ini surat tagihan pembayaran pemakaian kekayaan daerah (PKD) berupa sewa belum disebarkan lagi.

“Kami memberi kesempatan pedagang untuk membenahi perekonomiannya dulu. Saya melihat sudah mulai membaik. Bongkar barang juga rentan waktunya juga pendek. Artinya, pedagang sudah berani mendatangkan stok barang, karena ada orderan lagi,” ujarnya.

Sejak lonjakan kasus, aktifivitas bongkar barang hampir jarang terjadi. Seminggu biasanya hanya sekali dua kali. Ini membuktikan sedikit demi sedikit mulai ada pemulihan ekonomi pedagang pasar. 

(ks/san/mal/top/JPR)

 TOP