alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Bank Jateng Kudus Ciptakan Kekebalan Komunal Lewat Vaksinasi UMKM

23 Agustus 2021, 09: 32: 17 WIB | editor : Ali Mustofa

HERD IMMUNITY: Pemimpin Bank Jateng Cabang Kudus Heri Supriyanto (Batik), Pemimpin Bank Jateng Syariah Cabang Kudus Singgih Fatchurrochim (kiri) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus Samani Intakoris meninjau pelaksanaan vaksinasi.

HERD IMMUNITY: Pemimpin Bank Jateng Cabang Kudus Heri Supriyanto (Batik), Pemimpin Bank Jateng Syariah Cabang Kudus Singgih Fatchurrochim (kiri) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kudus Samani Intakoris meninjau pelaksanaan vaksinasi. (SAMODRA DAHLIYA /RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Bank Jateng Cabang Kudus berpartisipasi menciptakan kekebalan komunal (herd immunity) dengan menyelenggarakan vaksinasi ke pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Vaksinasi dilaksanakan di lingkungan pendapa Kabupaten Kudus pada (19/8) lalu. Diikuti oleh kurang lebih 250 peserta.

Kegiatan vaksinasi kali ini juga merupakan rangkaian acara peringatan HUT – 76 Republik Indonesia.

Baca juga: Biodiversity-GoL Solusi Pengamatan KD Keanekaragaman Hayati di Rumah

BANTU MASYARAKAT: Bank Jateng Cabang Kudus membagikan paket sembako ke pelaku UMKM dengan bersepeda beberapa waktu lalu.

BANTU MASYARAKAT: Bank Jateng Cabang Kudus membagikan paket sembako ke pelaku UMKM dengan bersepeda beberapa waktu lalu. (SAMODRA DAHLIYA /RADAR KUDUS)

Menurut Pemimpin Bank Jateng Cabang Kudus Heri Supriyanto, Bank Jateng Cabang Kudus terus berupaya untuk membangkitkan UMKM. Salah satunya dengan kegiatan vaksinasi ke pengusaha UMKM.

”Masyarakat sekarang sudah semakin sadar pentingnya vaksin. Apa lagi di kudus merupakan awal ditemukannya varian delta. Harapannya setelah vaksin, pengusaha UMKM semakin sehat, dan kembali bangkit untuk mengembangkan usahanya,” jelasnya.

Vaksinasi kali ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (DKK) Kabupaten Kudus dan Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Koperasi (Disnakerperindkop) Kabupaten Kudus. Juga berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kudus. Vaksinator kegiatan kali ini juga bekerja sama dengan RS Miriam dengan menggunakan jenis vaksin Astra Zeneca.

Selain vaksinasi, beberapa kegiatan lainnya adalah pembagian bingkisan paket sembako. Pemberian paket sembako dilakukan secara bertahap. Tahap pertama Bank Jateng Cabang Kudus membagikan kurang lebih 1000 paket sembako, yang dibagikan ke Palang Merah Indonesia (PMI) dan tenaga kesehatan. Sembako juga dibagikan kepada tenaga kebersihan dan pengemudi ojek online.

Tahap selanjutnya, Bank Jateng membagikan 500 paket sembako yang dibagikan ke pengusaha UMKM yang terdampak Covid-19.  

”Bingkisan Ppket sembako ini kami belikan dari UMKM binaan kami. Untuk kemudian kami bagikan kembali ke pelaku usaha UMKM  yang terdampak pandemi Covid-19,” Jelasnya.

Program ke depan, Bank Jateng juga bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus membuat percontohan pasar tradisonal yang menerapkan prokes ketat.

”Bank Jateng mensuport program Dinas Pasar untuk membuat  percontohan pasar tradisional yang menggunakan prokes di masa pandemi Covid-19. Kami akan menyediakan tempat cuci tangan juga hand sanitizer bagi pengunjung pasar tradisional,” jelasnya.

Sementara itu, Singgih Fatchurrochim Pemimpin Bank Jateng Syariah Cabang Kudus yang juga pelaksana kegiatan vaksinasi, berpesan kepada masyarakat agar terus menjalankan prokes dan mengikuti program pemerintah untuk melakukan vaksin.

”Meskipun sudah melakukan vaksin, saya mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjalankan prokes dengan ketat. Karena pandemi belum berakhir,” pungkasnya. (lia)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya