alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Sekolah di Jepara Mulai PTM, Subsidi Internet Tetap Diberikan ke Siswa

22 Agustus 2021, 22: 59: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

SEBAGIAN BAKAL MASUK: Siswa SMPN 2 Jepara keluar dari kelas usai mengikuti simulasi PTM belum lama ini.

SEBAGIAN BAKAL MASUK: Siswa SMPN 2 Jepara keluar dari kelas usai mengikuti simulasi PTM belum lama ini. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Kabupaten Jepara mulai menggelar kembali pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SD dan SMP mulai besok (23/8). Meski mulai PTM, para siswa di Kota Ukir direncanakan tetap mendapat bantuan subsidi internet. Lantaran, subsidi itu dikeluarkan Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Pemberian subsidi internet itu, untuk menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Di lain sisi, kegiatan PTM di Jepara juga masih skala terbatas. Sebagian siswa ikut pembelajaran di sekolah, sebagian lainnya tetap dari rumah. Sehingga, pemberian subsidi internet itu masih bisa dimanfaatkan para siswa.

Penerima kuota internet itu semua siswa. Mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga tingkat sekolah SMA. Baik negeri maupun swasta.

Baca juga: Jadi Ahli Gizi Harus Tahu Kebiasaan Makan Pasien Anak

Pihak sekolah langsung yang mendaftarkan para siswa, agar dapat bantuan tersebut. Siswa hanya cukup menyerahkan nomor handphone mereka atau milik orang tua dan walinya. ”Pencairannya tergantung pusat,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono.

Sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan siswa yang telah mendapat bantuan itu. ”Sifatnya langsung diberikan ke nomor siswa. Harapannya semua dapat,” pungkasnya.

Sebelumnya Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menjelaskan, pemerintah pusat mengalokasikan Rp 2,3 triliun. Kegunaannya untuk pemberian kuota gratis penunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ada 26,8 juta siswa, guru, mahasiswa, dan dosen seluruh Indonesia ditargetkan mendapatkan kuota tersebut. Termasuk di Jepara. Kuota tersebut rencananya diberikan hingga Desember nanti.

Rinciannya, kuota 7 GB per bulan untuk siswa PAUD, 10 GB perbulan untuk siswa SD hingga menengah, serta 12 GB untuk guru PAUD, SD, hingga SMA. Bantuan kuota itu, juga diberikan untuk para mahasiswa dan dosen. Masing-masing dijatah 15 GB per bulan. (rom)

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya