alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Data Update Covid-19 Pemkab Pati Beda Jauh dengan Pemprov Jateng

05 Agustus 2021, 21: 23: 31 WIB | editor : Ali Mustofa

Data Update Covid-19 Pemkab Pati Beda Jauh dengan Pemprov Jateng

PATI – Bupati Pati Haryanto mempersoalkan data update covid-19 di Kota Mina Tani ini ada selisih dengan Provinsi. Selisihnya, terbilang cukup signifikan.

Bupati Pati Haryanto mencontohkan, tiap hari di Pati ada sembilan kasus terkonfirmasi. Tapi data dari Provinsi Jateng sebanyak 89 terkonfirmasi. Oleh sebab itu, dia meminta tiap rumah sakit (RS) dan Puskesmas selalu update data.

”Alurnya Faskes laporan ke Dinas Kesehatan (Dinkes). Kemudian dilanjutkan kirim ke Provinsi. Kalau perlu tiap Faskes langsung upload data ke pusat. Jangan menunggu setelah semua Faskes terkumpul baru dikirm pusat,” ujarnya.

Baca juga: Sempat Ditutup Sejak 3 Juni, Mal di Kudus Kini Boleh Buka Lagi

Adanya persoalan ini, menurutnya, seakan-akan usaha monitoring itu sia-sia. Tak ada perubahan. Padahal permasalahannya kurang update data.

”Setiap hari benturan dengan PKL, pedagang, warga, rebutan wong duwe gawe, dan pelaku seni seakan sia-sia ini. Seharusnya data up to date. Jadi warga membaca ini ada penurunan. Jadinya tidak sia-sia upaya kami selama ini. Harus segera disikapi ini,” tegasnya.

”Dengan Provinsi juga mengalami selisih. Maka dari itu harus mengambil data yang di lapangan. Saya minta kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) agar memperbaiki data ini. Nanti bersama Dinkes. Harus bersinergi dengan OPD terkait,” imbuh Haryanto. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Pati Indriyanto menuturkan, sudah melakukan rapat untuk permasalahan ini. Memang Faskes ini realtime-nya kurang.

”Kurang sinkron karena ada lonjakan kasus di Juni lalu. Pihak yang mengolah data kewalahan. Belum bisa tanggap. Sedangkan kami ini hanya menerima hasil dari Dinkes. Jadi kedisiplinan dari input data para admin di faskes harus diperbaiki,” bebernya. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya