alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Pati
icon featured
Pati

Damkar Pati Latih Saka Tanggap Kebakaran

05 Agustus 2021, 16: 09: 14 WIB | editor : Ali Mustofa

DILATIH: Salah satu peserta pelatihan Damkar mencoba memadamkan api di Pos Damkar Pati kemarin.

DILATIH: Salah satu peserta pelatihan Damkar mencoba memadamkan api di Pos Damkar Pati kemarin. (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

PATI – Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Pati memberikan edukasi pelatihan dasar kebakaran kepada Satuan Karya Pramuka (Saka) kemarin. Setelah pelatihan tersebut, anak-anak Saka ini siap berbakti dan terjun kepada masyarakat. Sehingga pencegahan kebakaran bisa dicanangkan.

Beberapa tim Damkar tampak memperagakan cara memadamkan kebakaran ringan di Pos Damkar Pati kemarin. Salah satu instruktur membawa karung basah kemudian menutup kobaran api. Caranya tak dilempar. Melainkan, diletakkan di atas kobaran api. Api otomatis padam. Soalnya, api tak ada suplai oksigen sebagai sumber pembakaran.

Kemudian beberapa anak pramuka itu, mencoba melakukan pemadaman itu. Dibantu instruktur dari Damkar.

Baca juga: Hidup Baru di Era New Normal

Adapula alat pemadam api ringan (APAR) yang dicontohkan. Ini juga untuk memadamkan api ringan. Petugas Damkar itu, terlihat membuka pengunci alat tersebut. Terus menyapu/menyemprotkan titik terluar menuju titik terdalam dimana api berada.

Kepala Satuan Pamong Praja (Kasatpol PP) Pati Sugiyono menambahkan, adek-adek Saka yang bergabung Peduli Pati ini diharapkan siap berbakti dan terjun kepada masyarakat. Prinsipnya setitik bakti itu lebih berharga dari seribu kata. Jadi berbakti tiada henti.

”Ini untuk peningkatan kapasitas penegak saka dengan pelatihan dasar Damkar. Nanti penerapan dilapangan ini minimal ada pencegahan. Itu diinformasikan kepada keluarga dan masyarakat. Jika ada kebakaran bisa menghubungi kami. Agar tidak ada keterlambaran penanganan,” imbuhnya.

Terkait materi pelatihan dasar, pelatihannya teknik-teknik dasar menanggapi kebakaran. Kata dia, memperkenalkan dulu Damkar Pati seperti apa. Alatnya dan performa. Hingga sarana prasarana seperti apa.

Peserta akan memahami pentingnya upaya pencegahan kebakaran melebihi upaya penanggulangannya. Mengerti bagaimana kebakaran terjadi, penjalarannya, dan bagaimana pencegahan dan penanggulangannya.

Kemudian, memberikan kesadaran tentang pentingnya meningkatkan perilaku keseharian dalam pencegahan kebakaran. Itu bisa mengenal beberapa sarana dan prasarana peralatan pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Mulai dari gombal hingga APAR portable.

”Ini untuk mengantisipasi kebakaran. Pelatihan dasar ini targetnya mampu memadamkan kebakaran tingkat awal,” terangnya.

Jika terjadi kebakaran, dia minta, masyarakat segera menghubungi pihaknya. Caranya dengan menelfon Damkar. Nomor teleponnya (0295) 383 113. Selanjutnya tiap pos juga ada nomor ponselnya. Meliputi, Pati 0811 278 3113, Juwana 0811 267 3113, dan Kayen 0811 282 3113. Tiap tim akan kolaborasi jika ada kebakaran diluar wilayahnya. Sebagai penanganan kebakaran, pihaknya mempunyai 30 personel, 11 armada, dan satu kapal Damkar.

”Bilamana ada kebakaran segera hubungi kami. Mohon masyarakat berhati-hati. Apalagi di musim kemarau rawan kebakaran. Mohon memantau kompor di dapur. Biasanya sering lupa mematikan itu. Jadi harap berhati-hati,” paparnya.

Fenia, salah satu peserta pelatihan mengaku senang. Menurutnya, arahannya juga jelas. ”Seru sih baru pertama kali coba madamke api. Yang paling bagus itu per anak boleh nyoba semua. Walaupun sempat panik,” pungkasnya. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya