alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Lima Ribu Dosis untuk Vaksinasi Covid-19 di Jepara akan Habis Dua Hari

03 Agustus 2021, 11: 33: 16 WIB | editor : Ali Mustofa

TERBATAS: Pegawai perusahaan di Jepara mengikuti vaksinasi masal di Jepara baru baru ini.

TERBATAS: Pegawai perusahaan di Jepara mengikuti vaksinasi masal di Jepara baru baru ini. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Stok vaksin Covid-19 di Jepara kian menipis. Saat ini tersisa sekitar 5.000 dosis. Diperkirakan, sisa vaksin tersebut akan habis dalam dua hari bila tak segera mendapat dropping dari pemerintah pusat atau dari provinsi.

Lantaran, target vaksinasi di Jepara per harinya sekitar tiga ribu sasaran. Sebab itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi berupaya mengkomunikasikan hal itu ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. ”Agar alokasi vaksin di Jepara bisa tercukupi. Terutama untuk pelayanan vaksin dosis kedua,” ungkap Andi, sapaan akrab Bupati Jepara.

Selain itu, dengan percepatan vaksinasi supaya tercipta herd immunity di Jepara. Minimal harus ada 70 persen penduduk Jepara yang telah divaksin. Namun, sejauh ini dari total sasaran vaksinasi sebanyak 922.450 orang, baru sekitar 156 ribu orang divaksin dosis pertama. Atau sekitar 17 persen saja. Sedangkan, yang telah divaksin dosis kedua sekitar 54 ribu orang atau sekitar enam persen dari total target.

Baca juga: Makam Korban Pengeroyokan di Jepara Terpaksa Dibongkar, Jasad Diotopsi

”Sebab itu, semoga pemerintah pusat segera turunkan alokasi vaksin. Lantaran, animo masyarakat untuk ikut vaksinasi kian meningkat,” pungkas Andi.

Sejauh ini Jepara telah memperoleh alokasi vaksin sebanyak 30.725 vial atau sekitar 227.690 dosis. Alokasi terbaru, didapat pada pekan ke-4 Juli lalu sebanyak 6 ribu dosis.

”Itu langsung kami distribusikan ke fasilitas layanan kesehatan di bawah naungan kami,” ujar Kabid Pencegahan dan Penanganan Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Jepara Eko Cahyo Puspeno.

Sejauh ini di Jepara terdapat 60 fasilitas layanan kesehatan melayani vaksinasi. Terdiri dari 6 rumah sakit, 22 puskesmas kecamatan, dan 38 klinik. (rom)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP