alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Baru Anak Dokter Usia 12-17 Tahun di Grobogan Ikuti Vaksinasi Covid-19

30 Juli 2021, 07: 01: 20 WIB | editor : Ali Mustofa

Baru Anak Dokter Usia 12-17 Tahun di Grobogan Ikuti Vaksinasi Covid-19

GROBOGAN - Anak usia 12-17 tahun di Kabupaten Grobogan mulai mengikuti vaksinasi Covid-19. Terhitung baru ada 12 anak menjalani penyuntikan tersebut yang bertempat di RSUD dr Soedjati Purwodadi awal bulan ini.

Sebanyak 12 anak yang divaksin Covid-19 tersebut berasal dari keluarga dokter. ”Baru anak dokter di RS rujukan Covid-19 (Red, RSUD dr Soedjati Purwodadi). Sedangkan untuk masyarakat umum belum ada karena terkendala stok vaksin yang minim,” ujar Kepala Dinkes Grobogan Slamet Widodo melalui Kasi Survailen, Imunisasi dan Kejadian Luar Biasa (KLB) Pujiyono.

Saat ini stok vaksin yang ada mulai difokuskan ke sasaran tahap ketiga seperti masyarakat berusia di atas 18 tahun, kelompok rentan dari aspek sosial dan ekonomi. ”Kemudian untuk menuntaskan sasaran lansia dan dosis kedua. Sehingga untuk anak usia 12- 17 belum menjadi prioritas saat ini,” keluhnya.

Baca juga: 96 Ribu KPM di Pati Terima Bansos Beras 10 Kilogram

Pihaknya memastikan vaksin Covid-19 aman bagi anak-anak. Sehingga tidak perlu takut. ”Harapannya jika droping vaksin dari pusat melimpah. Bisa untuk melayani anak usia di atas 12 tahun. Sehingga herd immunity bisa cepat terjadi. Serta mereka bisa kembali melaksanakan sekolah tatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Meski begitu, pelengkap imunisasi bagi anak ini tidak boleh diberikan pada anak yang mengalami defisiensi imun primer, penyakit autoimun tak terkontrol, sindrom gullian barre, mielitis trasversa, acute demyelinating encephalomyelitis, hipertensi, diabetes melitus, hingga kanker.

”Bahkan, anak yang baru sembuh Covid-19 juga tidak diperbolehkan vaksin. Harus menunggu kurang dari 3 bulan. Serta jika kurang dari 1 bulan sempat mendapatkan imunisasi juga tidak boleh vaksin Covid-19,” katanya. 

(ks/int/him/top/JPR)

 TOP