alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

APBD Jepara hanya Terserap 30,3 Persen

29 Juli 2021, 15: 00: 00 WIB | editor : Ali Mustofa

APBD Jepara hanya Terserap 30,3 Persen

JEPARA – Bulan ini sudah memasuki pertengahan tahun penggunaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020. Namun penyerapan anggaran per 22 Juli baru 30,3 persen.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara Florentina Budi Kurniawati menjelaskan dari total anggaran setahun Rp 2,5 triliun baru terserap Rp 760,1 juta. Atau jika dipersentasekan 30,3 persen. Terdiri dari empat jenis pembelanjaan. Yakni belanja operasi, belanja modal, belanja tak terduga, dan transfer.

Serapan paling rendah pada belanja modal 4,4 persen. Disusul transfer 18,5 persen, belanja tak terduga 29,6 persen, dan belanja operasi 36,1 persen. Pihaknya terus memantau dan memonitor capaian realisasi anggaran maupun fisik tiap perangkat dinas.

Baca juga: Ratusan Pedagang di Jepara Diusulkan Dapat Bantuan Sosial

“Di awal bulan depan kami akan pantau lagi. Keadaan normal kami pantau mulai dari progres 0 persen, 50 persen dan 100 persen. Maupun incidental,” imbuhnya.

Di pertengahan penggunaan anggaran sempat ada refocusing anggaran sesuai dengan arahan pusat. Sehingga ada penyesuaian anggaran. Menurutnya sesuai dengan arahan bupati dan sekretaris daerah, perangkat dinas harus cepat mensikapi keadaan saat ini. ”Agar kegiatan tetap berjalan dibutuhkan inovasi-inovasi berbasi teknologi informasi,” imbuhnya.

Penyerapan anggaran itu juga berbanding lurus dengan capain progress fisik yang masih rendah. Seperti diberitakan sebelumnya. Beberapa kegiatan fisik baru mulai proses pengerjaan. Dengan progres 30,74 persen. 

(ks/war/zen/top/JPR)

 TOP