alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Abai Pengaman Dominasi Penyebab Kebakaran di Jepara

29 Juli 2021, 14: 51: 43 WIB | editor : Ali Mustofa

BERJIBAKU: Kebakaran gudang di Sinanggul, Mlonggo, belum lama ini. Selama Juli ini telah terjadi 12 kejadian kebakaran di Jepara.

BERJIBAKU: Kebakaran gudang di Sinanggul, Mlonggo, belum lama ini. Selama Juli ini telah terjadi 12 kejadian kebakaran di Jepara. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Selama Juni tahun ini telah terjadi 12 kebakaran di Jepara. Sebagian besar kebakaran tersebut terjadi di perusahaan atau gudang mebel. Kebakaran telat tertangani karena sebagian besar gudang dan perusahaan minim alat pemadam api ringan (APAR).

Wilayah kebakaran tersebut beragam. Mulai dari Batealit, Mlonggo, hingga Pecangaan. Penyebabnya beragam. Mulai dari, korsleting listrik hingga kecerobohan manusia.

Salah satunya di Pekalongan, Batealit Minggu (25/7) lalu. Penyebab kebakarannya disebabkan kegiatan bakar sampah. Karena tidak diperhatikan, api membesar dan merambat ke gudang komponen mebel di dekatnya. Akibatnya kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga: Serbuan Vaksin TNI Menyasar 37.974 Orang

Terbaru, kebakaran terjadi di dua tempat dalam sehari. Yaitu di Guyangan, Bangsri; dan di Sinanggul, Mlonggo Senin (26/7) lalu. Tim pemadam kebakaran sempat kualahan menanganinya. Lantaran selisih kejadiannya sekitar empat jam. Saat kebakaran di Guyangan proses pemadaman, terjadi kebakaran di Sinaggul.

”Beruntungnya sumber air dekat. Namun, untuk pemadamannya memakan waktu lama,” Jelas Surana. Akibat kejadian tersebut, kerugiannya ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Surana, kasi Pemadam Kebakaran Jepara menyatakan kebanyakan disebabkan kelalaian. ”Dan mengabaikan imbauan kami. Karena di perusahaan mebel atau gudang tidak menyediakan alat pemadam kebakaran,” ungkapnya.

Ia menjelaskan penempatan barang mudah terbakar terbakar harus diperhatikan. Sedangkan timbunan limbah harus segera diproses. Dan utamanya, bila membakar sampah harus ditunggu hingga api padam. (rom)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP