alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Penyaluran Beras di Rembang Dirampungkan Delapan Hari

29 Juli 2021, 14: 02: 30 WIB | editor : Ali Mustofa

SALURKAN BANTUAN: Bupati Rembang Abdul Hafidz memberangkatkan penyaluran beras kepada PKH dan BST.

SALURKAN BANTUAN: Bupati Rembang Abdul Hafidz memberangkatkan penyaluran beras kepada PKH dan BST. (WISNU AJI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG – Penyaluran beras bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) ditarget rampung delapan hari kerja. Total penerima dari dua program ini sekitar 72 ribu lebih keluarga.

Bantuan dari presiden itu diberikan untuk meringankan beban masyarakat di tengah Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat level 4. Untuk penyaluran dikemas dalam dua ukuran masing-masing ukuran 10 kg dan 5 kg.

Bantuan disalurkan melalui Bulog itu rinciannya masing-masing untuk PKH ada kurang lebih 32,758 ribu keluarga dan BST jumlah 39.712 ribu keluarga.

Baca juga: Langgar Prokes, Tiga Supermarket di Kudus Kena Semprit Satpol PP

Masing-masing mendapatkan 10 kg. Kemasannya ada 10 kg dan 5 kg. Khusus untuk kemasan 5 kg dapat dua bungkus, sehingga jumlahnya sama. Untuk kemasan paling kecil tersebut 200 ton. Penyaluranya  diawali pecah kendi kemarin.

”Masa pandemi pemerintah tahu. Dengan adanya pandemi tentu harus ada langkah-langkah yang bisa menanggulangi, mengurangi penyebaran Covid-19. Terakhir PPKM, Rembang masuk level  4, karena kematian masih tinggi. Meskipun yang aktif per 28 Juli 275 kasus aktif. Di RS ada dibawah 100 kasus. Dari dua pekan trend Covid-19 turun drastis, terakhir 786 kasus” ujar Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Menurutnya, pembatasan-pembatasan menggoyahkan bahkan porak-porandakan sendi-sendi ekonomi akibat dari PPKM. Pemerintah sadar. Oleh karena itu hadir membantu masyarakat yang terdampak, baik kategori PKH, BST atau BPNT dan sebagainya. Penyalurnya ada TNI-Polri, Bulog dan sebagainya.

Terpisah Nasaton Rofiq Kabid Pemberdayaan Sosial dari Dinsos PPKB, Kabupaten Rembang menambahkan bantuan sosial yang diterima oleh masyarakat banyak. Mulai BSP (bantuan sosial pangan) atau kartu sembako sudah siap 3 bulan, Juni-Juli-Agustus lewat e-Warong.

Lalu BST lewat Pos juga sama sudah jalan. Langsung dua bulan, jadi Rp 600 ribu. Terbaru kemarin di salurkan bantuan presiden lewat Bulog. Jadi selain dapat uang dari PKH dan kantor pos juga diberi beras 10 kg.

”Kita launching untuk kecamatan Rembang. Data sudah disiapkan. Titik bagi di desa masing-masing. Selama 8 hari, sampai tanggal 5 Agustus 2021.” imbuhnya. 

(ks/ali/noe/top/JPR)

 TOP