alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Pengaruh Karakter Superhero Marvel

26 Juli 2021, 11: 17: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

Meirina Wahyu Purnamaselfi, A.Md.; Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Meirina Wahyu Purnamaselfi, A.Md.; Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung Semarang (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

MENJADI penggemar superhero terkadang dianggap kekanak-kanakan. Bisa saja karena kostum anehnya atau cerita yang terkesan mengada-ada. Namun karena itulah, superhero memiliki daya tarik sendiri. Meningkatnya minat film superhero, khususnya Marvel saat ini, tentunya membuat bangga para penggemar superhero. Film Avengers : Endgame (2019) menempati peringkat teratas film terlaris mengalahkan Avatar dan Titanic. Film Star Wars : The Force Awakens (2015) turut menempati peringkat keempat. Iko Uwais, Yayan Ruhiyan, dan Cecep Rahman juga berperan di dalamnya. Selain membawa budaya masa kini, berikut pengaruh positif  superhero Marvel.

Pertama, representasi suatu komunitas. Orang awam mengenal Captain America sebagai orang kulit putih berambut pirang. Namun, serial televisi berjudul “The Falcon and The Winter Soldier”, menguak rahasia baru. Serialnya membuktikan bahwa Captain America hanyalah simbol. Siapa pun dapat menjadi Captain America. Karakter bernama Isaiah Bradley dan Sam Wilson mengangkat isu rasisme kulit hitam saat ini. Mereka mengkampanyekan anti diskriminasi secara apik melalui serial ini. Lalu, karakter Daredevil mewakili para disabilitas, bahwa manusia dengan kekurangan bukanlah hambatan untuk berguna bagi orang lain. Selanjutnya ada Kamala Khan, Sooraya Qadir dan karakter lainnya menunjukkan budaya-budaya kaum muslim dalam kehidupan sehari-hari. Untuk orang Asia, diantaranya yaitu Shang-Chi dan Melati Kusuma. Melati Kusuma adalah karakter superhero Marvel Comics dari Indonesia yang tergabung dalam The Initiative.

Kedua, ilmu pengetahuan memang asyik. Kemunculan Spider-Man pada 1962 menjadi awal baik bagi Marvel Comics. Setelah digigit laba-laba radioaktif, ia membuat cairan dan penembak jaring untuk beraksi. Karakter lain seperti Iron Man  juga menunjukkan bahwa belajar ilmu pengetahuan tidaklah membosankan. Banyak video YouTube yang membahas hasil eksperimen berdasar karakter tersebut. Termasuk membuat lightsaber di film Star Wars.

Baca juga: Semen Gresik Bersama Gus Qooyyum Mohon Keselamatan dan Keberkahan

Ketiga, dorongan berbuat kebaikan. Seperti kisah Natasha Romanoff yang awalnya adalah pembunuh, lalu berubah baik dengan bergabung bersama Avengers dan rela berkorban untuk umat manusia. Kemudian Loki (Si Dewa Perusak), juga tersadarkan untuk menjadi baik dengan berusaha melindungi garis waktu agar tidak terjadi perang multi universe, meskipun digagalkan.

Keempat, sebagai evaluasi dan penerimaan diri. Hampir semua orang tentu pernah mendengar tentang X-Men. Ya, mereka adalah Mutant. Karena dianggap berbahaya, Mutant seringkali dimusuhi dan didiskriminasi manusia. Sebenarnya, mereka ingin melindungi diri dari kejahatan manusia dan menegakkan hak-hak Mutant. Akibatnya, sebagian Mutant tidak percaya diri dan menganggap kaumnya adalah monster. Padahal, fisik unik dan kekuatan mereka lah yang membuat Mutant itu menarik.

Kelima, memotivasi para produser film untuk memperkenalkan superhero lokal. Marvel mendorong para kreator tanah air menghasilkan film yang mengisahkan superhero-superhero Indonesia. Film Gundala menjadi langkah awal terciptanya Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Kisahnya berkesinambungan dengan film-film di masa depan seperti Sri Asih dan Virgo. Dukungan Presiden Marvel Studios, Kevin Feige,  disampaikan kepada Joko Anwar sebagai direktor film Gundala dalam acara Disney Plus Hotstar Grandfest 2020 yang digelar virtual. Selain BCU, Jagad Satria Dewa juga akan menampilkan tokoh-tokoh pewayangan dalam film-filmnya.

Meski dianggap aneh, namun film superhero merupakan media yang seru dalam pembelajaran moral dan berbagai bidang ilmu pengetahuan. Sudah banyak film dan serial televisi superhero Marvel yang mendapat nominasi dan penghargaan. Yuk! Dukung film-film superhero. (*)

(ks/top/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya