alexametrics
Minggu, 24 Oct 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Menko Marves: Jepara Berhasil Redam Lonjakan Kasus Covid-19

23 Juli 2021, 13: 52: 06 WIB | editor : Ali Mustofa

RAKOR: Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama Kapolres Jepara dan Dandim 0719/Jepara mengikuti rapat implementasi PPKM Level 4 Jawa dan Bali.

RAKOR: Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama Kapolres Jepara dan Dandim 0719/Jepara mengikuti rapat implementasi PPKM Level 4 Jawa dan Bali. (M. KHOIRUL ANWAR/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA Jepara dinilai berhasil meredam lonjakan kasus terkonfirmasi Covid-19 secara signifikan. Sejalan dengan itu, pasien yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit juga berkurang. Ini diapresiasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurutnya, Kota Ukir menunjukkan tren penurunan penambahan kasus terkonfirmasi. ”Penurunan pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit juga cukup signifikan,” kata Menko Marves saat memberikan arahan secara virtual kepada para kepala daerah Rabu (21/7) lalu.

Pertemuan daring itu, membahas implementasi PPKM Level 4 di Jawa dan Bali. Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan sejumlah pejabat perangkat daerah mengikuti arahan tersebut di peringgitan dalam Pendapa Kartini.

Baca juga: Rembang Sembelih 5.075 Hewan Kurban dalam Tiga Hari

Luhut menyebut, PPKM Level 4 menggantikan PPKM Darurat, meski secara substansi tetap sama. Pemberlakuan kebijakan ini, diterapkan mulai 21 hingga 25 Juli. ”Ketentuan dalam PPKM Level 4 sesuai dengan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021. Di mana secara substansi pembatasan aktivitas dan mobilitas masyarakat Jawa-Bali sama dengan aturan PPKM Darurat,” ujarnya.

Berdasarkan Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021, terdapat sejumlah daerah di Jawa dan Bali yang memiliki risiko penularan Covid-19 di level 3 dan 4. Dalam instruksi itu, Kabupaten Jepara masuk dalam kriteria level 3 penularan Covid-19.

Selanjutnya, pada 26 Juli akan dievaluasi lebih lanjut mengenai daerah-daerah dan sektor usaha yang bisa dilakukan relaksasi. Menko Marves menyebut, ada tiga indikator acuan yang harus terpenuhi terlebih dulu. Yakni, penurunan mingguan pada kasus konfirmasi, perawatan, dan tingkat keterisian tempat tidur Covid-19 di rumah sakit.

Sementara itu, Bupati Jepara Dian Kristiandi telah mengkaji instruksi Mendagri terkait PPKM level 4 Jawa dan Bali. Ia telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Jepara Nomor 443/2606 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 Corona Virus Disease 2019 di Kabupaten Jepara.

Berdasarkan https://corona.jepara.go.id/ hingga 21 Juli, warga yang terkonfirmasi dan masih menjalani perawatan maupun isolasi mandiri ada 678 orang. Turun drastis tepat sebulan lalu puncak kasus aktif yang mencapai 2.595 orang. Atau dalam sebulan turun 1.917. Sementara pasien terkonfirmasi yang menjalani perawatan di rumah sakit menyisakan 90 orang. 

(ks/war/lin/top/JPR)

 TOP