alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Dapat Ilmu Ikhlas dari Kerja Kemanusian

23 Juli 2021, 13: 49: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

Dapat Ilmu Ikhlas dari Kerja Kemanusian

DI tengah pandemi Covid-19, relawan di dapur umum Satgas Penanganan Covid-19 di Rembang terus bergerak. Salah satunya dikomando Santi Andayani, Kasi Pemberdayaan Keluarga Miskin, Kepahlawanan dan Kebencanaan.

Santi mengaku semenjak bertugas di Dinsos PPKB pada bulan Januari 2020. Mendapat pelajaran berharga dari kegiatan kemanusian itu. Salah satunya  belajar ikhlas dalam bekerja.

”Kebetulan yang kami tangani kebencanaan. Di tahun 2020 saya masuk awal-awal covid. Waktu itu saya dapat tugas almarhum Kepala Dinsos PPKB, Sri Wahyuni untuk menangani sosialisasi edukasi terkait covid-19,” kata ibu dua anak ini.

Baca juga: Dua Tahun Menganggur, Pelaku Seni Rembang Butuh Solusi

Istri dari Bambang Soepradono memang dituntut kerja 24 jam saat darurat. Tak jarang seperti saat padanemi ini. Ia pun harus blusukan  ke desa-desa untuk sosialisasi pencegahan covid dan mengecek logistik dapur umum.

”Di tahun 2020 dan 2021 juga sama. Banyak pengalaman yang saya rasakan. Salah satunya menangani anak-anak tanpa orang tua seperti di Marganingsih, Lasem. Mereka sakit. Kita terketuk hati, sementara anggaran tidak ada, akhirnya kita bergerak dengan dunia usaha,” terang ibu dari Galuh Kumala Dewi dan Ganang Bagas Pradana.

Selama 14 hari memasak untuk mereka. Melibatkan peran serta TNI-Polri serta sejumlah relawan untuk memasak 100 orang. Belum lama kelar, akhirnya geser ke Rembang. Bahkan Santi sempat tumbang.

Saat ini di Rembang masih tersisa 11 hari kedepan. Diisolasi terpusat di hotel Puri, Rembang. Lemburan kembali dilakukan untuk menyiapkan teknis di lapangan. Termasuk menyiapkan bahan baku untuk dimasak.

”Kita kolaborasi bersama Tagana. Alhamdulilah sampai sekarang masih berjalan. Meski sama-sama ada yang tumbang. Sudah pijat yang memasak. Terutama yang malam,”   imbuh warga Perumahan Sumbermukti RT 004/ RW 007, Desa Sumberejo.  

(ks/noe/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya