alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Pendidikan
icon featured
Pendidikan

Pembelajaran Efektif Menggunakan Google Classroom

23 Juli 2021, 13: 32: 44 WIB | editor : Ali Mustofa

Rukayah, S.Pd.SD.; Guru SDN 2 Karanganyar, Todanan, Blora

Rukayah, S.Pd.SD.; Guru SDN 2 Karanganyar, Todanan, Blora (ISTIMEWA FOR RADAR KUDUS)

Share this      

DI MASA pandemi, pembelajaran tidak bisa dilangsungkan secara normal sebagaimana biasanya. Rata-rata peserta didik minat belajarnya sangat berkurang. Mereka lebih suka bermain HP, tidak mau membaca materi, tidak mengerjakan serta mengirimkan tugas dari guru. Rendahnya minat belajar ini menyebabkan lemahnya kemampuan belajar anak.

Hal tersebut tidak mungkin menyalahkan salah satu pihak saja. Kelemahan minat belajar anak adalah akibat dari kesalahan yang kompleks. Bisa terjadi karena kesibukan orang tua yang mengakibatkan kurangnya kasih sayang dan perhatian terhadap anaknya. Atau mungkin seorang guru yang kurang memberikan pembelajaran menarik di masa pandemi ini.

Dalam menghadapi masalah yang seperti ini janganlah kita mengeluh terutama peserta didik yang kurang minat belajarnya. Setiap masalah tidak harus dihindari tetapi harus kita hadapi dengan sepenuh hati. Untuk itu guru lebih semangat lagi untuk meningkatkan minat belajar  pada diri peserta didik. Kita sebagai pendidik telah berkomitmen untuk membentuk perubahan dalam segala aspek. Ukuran sukses tidaknya guru dalam mendidik adalah adanya perubahan yang positif.

Baca juga: PKB Blora Santuni Relawan dan Bagi Voucher Belanja di Warung

Menurut Oemar Hamalik, belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman. Belajar merupakan suatu proses atau aktivitas dan bukan suatu hasil atau tujuan. Pembelajaran efektif adalah suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa atau peserta didik untuk belajar ketrampilan spesifik, ilmu pengetahuan, dan sikap juga membuat siswa senang. Perkembangan minat belajar menjadi penting untuk diperhatikan, dalam hal ini tindakan yang diambil oleh seorang guru untuk menumbuhkan minat belajar kepada peserta didik.

Berdasarkan hal tersebut berarti untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mengembangkan kemampuan minat belajar siswa. Sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna, bermutu ,dan menyenangkan.

Guru harus pandai memilih media pembelajaran yang menarik untuk peserta didik, untuk mewujudkan hal tersebut, guru memanfaatkan Google Classroom dalam menyampaikan materi dan tugas pada peserta didik.

Google Classroom adalah platform daring (online) untuk semua hal yang ada dalam pelajaran dan yang berkaitan dengan siswa. Google Classroom adalah tempat untuk menambahkan, memberikan, mengulas, dan menilai tugas, mengatur pekerjaan rumah atau kegiatan, membagikan referensi dan link, serta berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Karena sekarang proses belajar mengajar dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran walaupun sekarang pembelajaran jarak jauh peserta didik harus tetap dibiasakan untuk belajar. Dengan cara pembiasaan pembelajaran setiap hari kerja dengan menggunakan Google Clasroom, penerapan seperti itu  diharapkan dapat menumbuhkan minat belajar pada peserta didik. 

(ks/top/top/JPR)

 TOP