alexametrics
Jumat, 17 Sep 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Kasus Covid-19 Terus Menurun, RSUD Rembang Tampung Pasien Luar Kota

23 Juli 2021, 10: 59: 48 WIB | editor : Ali Mustofa

BISA TERPANTAU: Kondisi perawatan di ruang isolasi RSUD dr R Soetrasno Rembang bisa dilihat melalui layar monitor kemarin (21/7).

BISA TERPANTAU: Kondisi perawatan di ruang isolasi RSUD dr R Soetrasno Rembang bisa dilihat melalui layar monitor kemarin (21/7). (VACHRI RINALDY LUTFIPAMBUDI/RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG - Ruang Intensive Care Unit (ICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Soetrasno Rembang ditambah. Kondisi bed occupancy rate (BOR) saat ini semakin longgar. Di antara sekitar 90-an pasien saat ini, seperlima dari pasien itu berasal dari luar kota. Di antaranya ada Pati, Blora, dan sebagian kabupaten perbatasan Rembang di Jawa Timur.

Hal itu menyusul kondisi Covid-19 di Kota Santri semakin membaik. Terjadi penurunan kasus 40 persen dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Meski demikian, penanganan masih tetap digencarkan. Dengan menambah ruang ICU di rumah sakit.

Hingga kemarin masih ada 191 pasien di rawat di rumah sakit. Sebelumnya ada 700-an pasien. Kemudian turun jadi 400-an.

Baca juga: Perubahan Media Pembelajaran Masa Pandemi di SD

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan di rumah sakit sempat terjadi kelangkaan oksigen. Namun sudah tertangani. "Meskipun tidak sebaik kemarin-kemarin. Sudah ada perbaikan sistem penyaluran sampai saat pelaksanaannya," ujarnya.

Sekitar pekan lalu, rumah sakit juga sudah penuh. Ia mengakui, masih ada kendala kapasitas ruang di ICU. Totalnya ada 25. Namun baru-baru ini penuh.

"Kami tambah 12," imbuhnya.

Direktur RSUD dr R Soetrasno Rembang Agus Setyo Hadi mengatakan, hingga Rabu (21/7) di rumah sakit ada 94 pasien Covid-19 yang di rawat. "Sekitar 43 persen (BOR, Red),” ujarnya.

Pihaknya sudah melaksanakan penambahan ruang ICU Senin kemarin. Dengan 13 tempat tidur. Sehingga ada sekitar 40 an tempat tidur. Dan terisi 20. ”Sebelumnya banyak yang memperlukan (ICU,Red) jadi kami tambahi,” jelasnya.

Dari total 94 pasien yang di rawat, RSUD dr R Soetrasno Rembang seperlima di antaranya merupakan pasien dari luar kota. Rabu (21/7) datang 17 pasien dari luar kota. 

(ks/vah/zen/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya