alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Iseng Upload malah Dapat Cuan

23 Juli 2021, 10: 00: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

Devi Liyana

Devi Liyana (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Share this      

HASIL upload video Devi di YouTuber ter­go­­long menggiurkan. Se­­bu­­lan bisa dapat cuan Rp 5-10 juta-an. Pa­da­hal vi­deo­nya tak pan­jang du­ra­si­­nya. Ha­nya 8-15 me­nitan sa­ja. Awal­nya up­load vi­deo cu­man iseng-iseng. Te­­rus malah da­pat cuan.

Video Devi ini lumayan simple. Hanya me-review hasil berkebunnya. Hasil memanen mangga dan kelengkengnya dikirim di youtuber. Dia juga memperlihat­kan cara memanen buah itu. Devi di salah satu videonya terlihat memanjat pohon mangga. Kemudian membeberkan testimoni dari buah hasil petiknya itu.

”Cukup simpel kan, Mas. Cu­man memanen buah saja. Tapi kan meng-edit­ hasil rekaman yang sulit itu,” imbuh perempuan asal Desa Boto, Jaken, Pati itu.

Baca juga: Salurkan Stimulus Listrik Pemerintah hingga Desember 2021

Selain memanen buah, ada juga vlog saat dia berwisata. Adapula yang review rekomendasi drama korea. 

”Awalnya dulu rekomendasi drakor. Soalnya pandemi jadi suka nonton. Sekalian aja buat video rekomendasi,” kata youtuber yang sekaligus perangkat desa itu. 

Devi ini tak menyangka kalau mendapat rupiah dari Youtuber. Dia hanya upload video saja. 

”Kemudian tau-tau dapat email dari youtube,” paparnya. 

Tahun lalu dia dapet email kalau mendapat Rp 5 juta-an. ”Padahal saya juga iseng-iseng saja upload. Kirim video juga jarang. Sepekan sekali juga ggak nentu. Eeee malah dapat uang. Kalau sekarang ya kisaran Rp 7-10 jutaan,” imbuhnya.

Keberuntungan tiap orang itu berbeda-beda. Menurutnya, paling penting itu berusaha. Jangan pedulikan omongan orang. Toh, yang dapat untung dia sendiri. 

”Terus berkreasi apapaun itu. Yang penting positif. Tinggal up­load saja. Saya juga suka me­manen buah. Itung-itung hobi itu dikirim ke youtube. Soal men­dapat untung itu belakangan,” imbaunya.

Mendapat uang dari Youtube ini tak harus memilik subscriber jutaan. Soalnya, akun milik Devi ini sebanyak 10,6 ribu. ”Yang penting penontonnya banyak. Kadang saya pancing dengan hastag. Kalau tidak dipromosikan melalui media sosial,” sarannya. (adr/iwn)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP