alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Hartopo Keluhkan Penetapan Kudus Masih di Level 4 Pandemi Covid-19

22 Juli 2021, 14: 55: 23 WIB | editor : Ali Mustofa

Hartopo, Bupati Kudus

Hartopo, Bupati Kudus (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS - Bupati Kudus Hartopo mengeluhkan penetapan Kota Kretek yang masih dalam level IV dalam perpanjangan PPKM level III dan IV. Sebab, belakangan terakhir kasus penyebaran Covid-19 di Kudus mulai landai.

Hartopo mengatakan, Kudus masuk dalam level IV tertuang dalam Inmendagri Nomor 22 Tahun 2021. Padahal sekarang ini kota dengan wilayah terkecil di Jawa Tengah ini, masuk dalam zona oranye. Dengan mengacu pada website corona.jateng.go.id. Sedangkan menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kudus masih zona merah.

”Saya belum tahu apa indikator penilaiannya. Untuk itu, saya telah meminta Dinkes berkoordinasi ke Pemrov Jateng dan pemerintah pusat," jelasnya.

Baca juga: Pati Izinkan Swalayan Dibuka, hanya Jual Sembako dan Obat

Dia menyebut, seharusnya Kudus bisa turun level III maupun II. Melihat keterisian bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit hanya mencapai 20 persen.

Saat ini, Pemkab Kudus juga masih berupaya menurunkan kasus penyebaran Covid-19. Langkahnya dengan memperketat pembatasan masyarakat hingga ke tingkat desa, operasi yustisi, pemadaman lampu penerangan jalan umum (LPJU), serta penyekatan beberapa titik jalan. ”Perarutaran PPKM level ini (level IV, Red) masih sama dengan aturan PPKM Darurat. Pedagang hanya diperbolehkan berjualan hingga pukul 20.00," jelasnya.

Dia menyebut, peraturan itu akan secara bertahap bakal dibuka per 26 Juli mendatang. Dengan catatan sebaran kasus Covid-19 bisa ditekan.

Seperti yang dikatakan Presiden Joko Widodo, pelonggaran ini untuk pasar tradisional izinkan buka sampai pukul 20.00 dengan pembatasan pengunjung 50 persen. Pasar selain penjual kebutuhan bahan pokok diizinkan buka hingga pukul 15.00 dengan kapasitas pembatasan sebesar 50 persen.

Di samping itu, pemerintah juga akan memberlakukan aturan bagi PKL buka hingga pukul 21.00. Sekaligus memperbolehkan makan di tempat dengan batas waktu 30 menit bagi setiap pengunjung. 

(ks/gal/lin/top/JPR)

 TOP