alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Ribuan Warga Blora Terima Bantuan JPS, Per KK Dijatah Rp 300 Ribu

21 Juli 2021, 20: 58: 34 WIB | editor : Ali Mustofa

Ribuan Warga Blora Terima Bantuan JPS, Per KK Dijatah Rp 300 Ribu

BLORA – Ribuan warga kembali menerima dana Jaring Pengaman sosial (JPS) tahap II. Totalnya mencapai 2.136 warga di 24 kelurahan. Bantuan ini berasal dari dana refocusing 2021.

Totalnya dana yang dikucurkan Rp 640,8 juta. Nilainya Rp 300 ribu untuk setiap orang. Setelah ini, mereka juga akan kembali mendapat bantuan serupa untuk tahap III dan IV dengan nilai yang sama.

Bupati Blora Arief Rohman menegaskan, di masa pandemi ini negara harus hadir di tengah masyarakat. ”Kita ingin seluruh masyarakat yang terdampak dan kurang mampu, tidak ada yang tak bisa makan. Minimal kebutuhan pokok harus terpenuhi,” ungkapnya.

Baca juga: Cek Vaksin di Panti, Gubernur Ganjar Dipameri Batik

Pihaknya meminta kepada seluruh lurah untuk mendata warga yang belum mendapat bantuan JPS. Yang berhak mendapat bantuan tapi belum pernah dapat, harus dimasukkan ke data.

”Nanti akan diberikan bantuan dari cadangan pangan dan Baznas. Pokoknya, saya tidak mau ada warga Blora yang tidak bisa makan di saat pandemi Covid-19 ini,” lanjutnya.

Kepada para penerima bantuan, Arief meminta agar bantuan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jangan digunakan untuk hal-hal yang tak penting.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Blora Indah Purwaningsih mengungkapkan, bantuan JPS yang disalurkan berasal dari dana refocusing APBD untuk penanganan Covid-19 2021.

Setiap kelurahan mendapat kuota 89 KK. Tahap I sudah dijalankan pada Juni. Tahap II seharusnya diberikan pada Agustus. ”Karena masa PPKM Darurat, maka bantuan tahap II dimajukan,” terangnya.

Untuk bantuan JPS Blora tahun 2021 tahap berikutnya, direncanakan disalurkan pada Oktober mendatang. Terakhir pada Desember. Masing-masing KK mendapat bantuan Rp 300 ribu rupiah.

”Para penerima ditentukan oleh kelurahan melalui mekanisme musyawarah kelurahan. Jadi JPS ini hanya untuk kelurahan. Sedangkan wilayah desa bantuannya diampu oleh dana desa masing-masing,” imbuhnya. 

(ks/sub/lid/top/JPR)

 TOP