alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Warga Jepara Rela Antre dari Jam 6 Pagi Demi Ikut Program Vaksinasi

21 Juli 2021, 11: 35: 14 WIB | editor : Ali Mustofa

MENIPIS: Seorang tenaga kesehatan menyedot satu dosis vaksin Covid-19 dalam vaksinasi massal di Jepara belum lama ini.

MENIPIS: Seorang tenaga kesehatan menyedot satu dosis vaksin Covid-19 dalam vaksinasi massal di Jepara belum lama ini. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Kebutuhan vaksin Covid-19 masyarakat beberapa waktu terakhir ini meningkat. Namun, ketersedian vaksinnya justru menipis. Salah satunya terjadi di Puskesmas Kedung 1. Masyarakat rela antre dari pukul 06.00 untuk ikut vaksinasi.

Baca juga: PKM Prodi Ketahanan Nasional UGM Ajari Siswa Jurus Tandur ala Kota

Kepala Puskesmas Kedung 1 M. Amiruddin mengaku kejadian tersebut terjadi Jumat dan Sabtu (16 dan 17/7) lalu. Saat itu ketersediaan vaksinnya hanya cukup untuk menyuntik 50 orang per hari. ”Kami tak ada masalah dengan tenaga kesehatannya. Justru stok vaksinnya yang terbatas,” ungkapnya.

Rabu (14/7) lalu pihaknya masih bisa menyuntik 230 orang dalam sehari. Namun, karena tak kunjung mendapatkan dropping vaksin tambahan, kuota perhari dikurangi jadi 100 orang pada Kamis (15/7). Kuota tersebut kembali dikurangi jadi 50 orang per hari pada Jumat dan Sabtu kemarin.

”Karena tahu stoknya terbatas, pada datang dari pukul 06.00. Jam 07.00, formulir pendaftarannya habis. Padahal layanan dibuka pukul 08.00. Yang tidak kebagian mau bagaimana lagi,” papar Amiruddin.

Saat ini sisa vaksin di Puskesmas Kedung 1 tinggal 250 dosis. Mulai Rabu (21/7) penggunaannya dibagi per desa. Per Desa di Kedung mendapat jatah 25 dosis. ”Sasarannya nanti biar ditentukan oleh pendamping desa. perhari tetap melayani vaksinasi 50 orang,” terang Amiruddin.

Kejadian serupa juga terjadi di Puskesmas Mlonggo. Di sana vaksin Covid-19 telah kosong. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jepara Mudrikatun melalui Kabid Pencegahan dan Penanganan Penyakit Eko Cahyo Puspeno menyatakan, sisa vaksin di Jepara tersisa 11.830 dosis.

Jepara mendapat tambahan alokasi vaksin sekitar 5.000 dosis. ”Sementara yang di puskesmas-puskesmas kami arahkan dengan sisa vaksin yang ada untuk vaksinasi dosis kedua. Kecuali untuk vaksin TNI. Karena mereka punya dropping sendiri untuk program serbuan vaksinasi,” terangnya. (rom)

(ks/ali/top/JPR)

 TOP