alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Kudus
icon featured
Kudus

Perawatan Jalan Dijegal PMK Cukai

21 Juli 2021, 10: 00: 59 WIB | editor : Ali Mustofa

PERBAIKAN JALAN: Pemkab Kudus akan memperbaiki jalan Raya Kudus-Besito, Gebog karena kurang lebar dan aspalnya mulai tidak nyaman untuk pengendara.

PERBAIKAN JALAN: Pemkab Kudus akan memperbaiki jalan Raya Kudus-Besito, Gebog karena kurang lebar dan aspalnya mulai tidak nyaman untuk pengendara. (DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS)

Share this      

KUDUS – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus kesulitan untuk merawat jalan rutin. Perkaranya anggaran untuk perawatan terbatas. Sebab terbentur aturan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai dan Tembakau (DBHCHT). Itu tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 206 Tahun 2020.

“Untuk perawatan rutin belum bisa jalan, lataran terbentur PMK 206,” terangnya.

Dari PMK 206 Tahun 2020 itu, kata dia, peruntukkan alokasi DBHCHT untuk bidang kesejahteraan masyarakat sebanyak 50 persen. Sedangkan  25 persen untuk penegakan hukum dalam upaya pemberatasan barang kena cukai, dan 25 persennya untuk kesehatan.

Baca juga: Tanggapi Permintaan Permbukaan Wisata, Hartopo: Sulit, Ada Intervensi

Meski masih kesulitasn perawatan rutin, Dinas PUPR Kudus bakal mengerjakan dua jalan. Yakni jalan Peganjaran Besito dengan nilai Rp 5 miliar. Kemudian di jalan Besito- Jurang dengan nilai pembangunan Rp 700 juta.

Kepala Dinas PUPR Kudus Arief Budi Siswanto mengatakan, tahapan dua jalan tersebut sudah selesai lelang. Sementara pekerjaannya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Kedua jalan itu akan ditingkatkan kualitasnya. Didanai menggunakan dana alokasi khusus,” katanya. (iwn)

(ks/mal/gal/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya