alexametrics
Sabtu, 18 Sep 2021
radarkudus
Home > Grobogan
icon featured
Grobogan

Jelang Idul Adha, Pengepul Hewan Kurban dadakan di Grobogan Turun

20 Juli 2021, 09: 58: 19 WIB | editor : Ali Mustofa

DICEK: Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan mengecek hewan kurban di pedagang yang mangkal di sekitar Kota Purwodadi kemarin. 

DICEK: Petugas Dinas Peternakan dan Perikanan Grobogan mengecek hewan kurban di pedagang yang mangkal di sekitar Kota Purwodadi kemarin.  (INTAN MAYLANI SABRINA/RADAR KUDUS)

Share this      

GROBOGAN - Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Grobogan mengecek di sejumlah pedagang dan pengepul hewan kurban dadakan di Kota Purwodadi. Jumlahnya menurun drastis. Biasanya mencapai delapan lapak, tahun ini hanya menemukan tiga lapak.

Kepala Disnakkan Grobogan Riyanto mengatakan, sejak sepekan sebelum Idul Adha, petugas sudah memutar di sekitar kota. Namun, hanya menemukan dua lapak di sepanjang Jalan Diponegoro. Kemudian H-1 kembali menemukan lapak di Jalan Untung Suropati. ”Tahun ini sepi penjual hewan kurban buka lapak. Mulai banyak yang jual secara daring,” ujarnya.

Selama sepekan melakukan pengecekan, petugas menemukan puluhan kambing belum cukup umur yang masih dijual untuk kurban. Di Jalan Diponegoro, dari 16 kambing satu di antaranya sakit rhinitis, lima belum cukup umur, dan 10 sehat memenuhi syarat. Sedangkan sapi jantan satu sehat dan empat betina. Lapak hewan di Jalan Untung Suropati, dari 28 kambing yang diperiksa, ada 14 kambing belum poel. Jadi, belum masuk syarat. 

Baca juga: Permintaan Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Kudus Menurun

(ks/int/lin/top/JPR)

 TOP