alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Blora
icon featured
Blora

Hindari Kerumunan, Pemotongan Hewan Kurban di RPH Blora Digelar 3 Hari

20 Juli 2021, 09: 24: 49 WIB | editor : Ali Mustofa

Hindari Kerumunan, Pemotongan Hewan Kurban di RPH Blora Digelar 3 Hari

BLORA – Hari Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha jatuh hari ini. Namun akibat PPKM Darurat, pemotongan hewan kurban di rumah potong hewan (RPH) terpaksa digelar 21, 22, dan 23 Juli. Tujuannya untuk menghindari kerumunan. Dalam sehari, RPH bisa melayani 20 pemotongan sapi.

Kepala UPTD Puskeswan Rasmiana mengatakan, pada 20 Juli hanya melayani di RPH Cepu. ”Untuk jumlah sapi kurban belum masuk semua. Yang pasti 21 Juli ada 11 ekor. Tapi biasanya pemotong bisa melayani 20 sapi kurban dalam sehari,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk 21 Juli sementara yang sudah pasti ada dua ekor sapi. Namun tidak menutup kemungkinan pada datang langsung dan membawa hewan kurban masing-masing. ”Hari kedua Lebaran biasanya sampai 10 ekor. Sementara untuk Lebaran ke-3 biasanya sudah sepi,” terangnya.

Baca juga: Sapi Berbobot 1,3 Ton Terjual Rp 100 Juta

Pihaknya menyiapkan lima sampai enam petugas dinas. Sedangkan petugas pemotongan, pengulitan, dan pencacahan daging ada sendiri. ”Di RPH Blora ada empat kelompok jagal. Satu kelompok berisi tiga sampai empat orang anggota. Sedangkan di Cepu ada tiga kelompok. Kami siapkan empat orang petugas dari dinas,” tambahnya.

RPH biasanya hanya melayani pemotongan yang besar-besar dan pembersiahan bagian dalam. ”Untuk pemotongan yang kecil-kecil dan pengemasan urusan panitia,” tambahnya.

Untuk biaya di RPH Rp 25 ribu yang masuk retribusi daerah. Sedangkan tenaga pengulitan masuk pada kelompok kurban masing-masing. Biasanya antara Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu per satu ekor sapi. ”Proses pemotongan satu ekor sapi paling lama satu jam,” imbuhnya.

(ks/sub/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya