alexametrics
Jumat, 30 Jul 2021
radarkudus
Home > Jepara
icon featured
Jepara

Vaksinasi Covid-19 untuk Remaja di Jepara Sasar Santri

19 Juli 2021, 14: 27: 26 WIB | editor : Ali Mustofa

DIMULAI: Santri Pondok Pesantren Manbaul Quran Kedung tengah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama.

DIMULAI: Santri Pondok Pesantren Manbaul Quran Kedung tengah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. (MOH. NUR SYAHRI MUHARROM/RADAR KUDUS)

Share this      

JEPARA – Vaksinasi anak usia 12 hingga 17 tahun telah dimulai di Jepara. Salah satunya digelar Puskesmas Kedung 1 dengan menyasar para santri di Pondok Pesantren Manbaul Quran Kedung.

Kegiatan tersebut digelar Sabtu (17/7). Target sasarannya sekitar 70 orang. Tidak hanya para santri. Namun kyai dan ustadnya pun turut jadi sasaran.

Kepala Puskesmas Kedung 1 M. Amiruddin mengaku memilih sasaran di kalangan santri dan pesantren karena masuk masyarakat rawan. Berkumpulnya orang dalam jumlah banyak di satu titik. ”Selain itu, untuk memberi contoh ke yang lain. Karena biasanya masyarakat Nahdlatul Ulama manut dawuh kyai. Sebab itu, sasarannya tak Cuma santri, namun juga kyai,” terangnya.

Baca juga: PTM di Rembang Digelar Sehari hanya Dua Jam

Sementara itu Ketua MWC NU Kedung Muhammad Afif menerangkan kegiatan tersebut juga sebagai salah satu bentuk sosialisasi kepada masyarakat. ”Sebagai penyadaran. Karena sering dihantam berita hoax terkait vaksinasi. Oleh itu, kami expose bahwa vaksin itu aman,” ungkapnya.

Selain itu, ia berharap alokasi vaksin untuk program-program tersebut lancar. Karena pihaknya kemarin hanya memperoleh jatah vaksin 70 dosis. ”Saat ini yang ingin banyak. Namun ketersediaan malah terbatas,” paparnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jepara Mudrikatun melalui Kabid Pencegahan dan Penanganan Penyakit Eko Cahyo Puspeno meyatakan vaksinasi anak usia 12 hingga 17 tahun telah dimulai beberapa waktu lalu.

Terlepas sebagai persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM), vaksinasi itu dilaksanakan karena kasus Covid-19 juga banyak ditemukan. ”Selain itu, pemberian vaksin juga aman bagi mereka,” terangnya.

Sejauh ini sekitar seribu anak usia remaja di Jepara telah divaksin dosis pertama. Target sasarannya sekitar 112 ribu orang. (rom)

(ks/him/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya