alexametrics
Jumat, 06 Aug 2021
radarkudus
Home > Rembang
icon featured
Rembang

Jalan di Rembang Diperbaiki, Setelah Korban Berjatuhan

19 Juli 2021, 12: 17: 23 WIB | editor : Ali Mustofa

Jalan di Rembang Diperbaiki, Setelah Korban Berjatuhan

Warga Japerejo, Kecamatan Pamotan terpaksa menambal jalan berlubang dengan menanami pisang. Aksi kekecewaan warga ini terpaksa dilakukan, karena sudah banyak korban kecelakaan. Namun tak kunjung ada perbaikan.

Puncak kemarahan warga ini dilepaskan, Kemarin (16/7) malam. Jalan provinsi itu ditanami pohon pisang oleh warga. Niam, salah satu yang mengetahui aksi warga itu mengatakan, setelah ditanami pohon, malam itu juga langsung ada tindak lanjut. ”Kayaknya sudah dibenahi. Semalam sudah kami klarifikasi,” jelasnya.

Sebelumnya, jalan tersebut kondisinya rusak. Kata dia, masyarakat sudah sering menolong orang yang jatuh. Dan sudah pernah diuruk. Namun rusak lagi. Hingga malam itu (16/7), sekitar habis maghrib ada truk yang terjebak di jalan. Tanahnya ambles sampai dengan selutut. ”Ada truk kepetel,” ungkapnya.

Baca juga: Satgas PPKM Grobogan Temukan Obat Covid Seharga Rp 400 Ribu

Warga setempat pun ikut menolong. Sampai sekitar setelah isya, truk sudah bisa bebas. Kemudian membentuk lubang. Bekas tanah yang ambles itu kemudian ditanam pisang. ”Itu (penanaman pisang di jalan, Red) bentuk dari suara masyarakat,” katanya.

Setelah jalan ditanami pisang, dari pihak pemerintah desa (pemdes) setempat pun memberikan rambu-rambu. Kanan-kiri diberi lampu agar apabila ada pengguna jalan yang melintas bisa berhati-hati. ”Tidak semata-mata menanam pisang. Ada lampu rambu-rambu kanan kiri,” imbuhnya.

Selain itu pemuda desa juga turut bergerak. Mereka mengarahkan jalan kepada para pengendara.

Malam itu juga, kemudian ada tindak lanjut. Tim kepolisian datang. Pohon pisang itu pun dicabut. Dan jalan tersebut  kemudian diberikan rambu-rambu. ”Kalau bekas blowokan (lubang) itu tidak diberi rambu, dilewati truk (bisa) ngguling,” ujarnya.

Ia menegaskan, penanaman pohon oleh warga ini bukan semata-mata membuat sensasi. Namun merupakan respons agar segera dilaksanakan perbaikan.

Pagi kemarin (17/7), penanganan jalan langsung dikerjakan. Para pemuda setempat juga masih ikut mengatur jalan. 

(ks/vah/ali/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya