alexametrics
Jumat, 06 Aug 2021
radarkudus
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Bukti Keberhasilan Program Pemberdayaan Masyarakat Semen Gresik

17 Juli 2021, 10: 50: 08 WIB | editor : Ali Mustofa

SALAH SATU PROGRAM: Forum diskusi program peningkatan kapasitas BUMDES pengelola Waroeng Binaan CSR PTSG.

SALAH SATU PROGRAM: Forum diskusi program peningkatan kapasitas BUMDES pengelola Waroeng Binaan CSR PTSG. (PT. SG FOR RADAR KUDUS)

Share this      

REMBANG, PT. Semen Gresik (SG) sukses meraih hasil high approval (penerimaan yang tinggi) dalam analisis keterlibatan pemangku kepentingan (stakeholder engagement). Dengan skor social licence index (SLI) sebesar 3,94.

Analisis ini menjadi refleksi terkait penerimaan dan kepercayaan masyarakat sekitar wilayah operasional terhadap kehadiran SG dan program-program yang telah terlaksana. Hasil skor yang diperoleh SG ini, berdasarkan pengkajian yang dilakukan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada pelaksanaan program berbasis partisipatif yang telah dilaksanakan perusahaan sampai dengan periode 2020.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR SG Dharma Sunyata menyampaikan, ucapan syukur atas pencapaian yang diperoleh SG dalam bidang kemasyarakatan ini. Dia berharap, agar sinergi yang terjalin berbagai lapisan stakeholder dapat terus terjalin dan saling menguatkan ke depannya.

Baca juga: Mengenal Budiono, Dalang Wayang Kulit yang Inovatif Selama Pandemi

”Alhamdulillah, dari hasil analisis kepercayaan stakeholder serta rekomendasi program yang meningkatkan kualitas berbagai program CSR Semen Gresik, kami mendapatkan approval yang baik. Ini menjadi tanggung jawab kami ke depan, untuk dapat terus memaksimalkan tujuan-tujuan sosial yang lebih berkesinambungan,” kata Dharma kemarin.

Dia menekankan, seyogianya perusahaan tidak hanya penting untuk mendapatkan izin usaha secara administrasi, namun juga mengutamakan penerimaan secara sosial. Ia juga menyampaikan upaya-upaya pendekatan yang telah dilakukan SG dalam meningkatkan social license to operate (SLtO). Antara lain dengan meningkatkan strategi komunikasi, dialog, kemitraan, hingga program-program yang berfokus kepada pemberdayaan masyarakat yang berbasis sosial, ekonomi, dan lingkungan, sehingga mendukung percepatan kemandirian ekonomi desa.

Program-program pemberdayaan yang diinisiasi juga telah mengacu kepada hasil pemetaan sosial dan menjadi dasar dalam pelaksanaan program, sehingga lebih tetap sasaran.

Sejak dimulainya proses pembangunan hingga beroperasi saat ini, SG telah menyalurkan total Rp 117,9 miliar yang diperuntukkan kepada berbagai elemen masyarakat di area operasional.

Berkaitan dengan dukungan penanggulangan pandemi Covid-19, SG yang juga sebagai koordinator Satgas Tanggap Bencana BUMN wilayah Kabupaten/Kota Rembang, secara aktif telah menyalurkan bantuan senilai Rp 3,724 miliar. Dari berbagai program kepada masyarakat. Khususnya pada kegiatan padat karya tunai dalam mendukung pemerintah serta agenda percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Dharma melanjutkan, total alokasi dana CSR yang telah disalurkan melalui berbagai program Pilar SG terbagi menjadi lima pilar. Yaitu SG Cerdas, SG Lestari, SG Mandiri, SG Peduli, dan SG Sehat. Selain mendapatkan skor high approval dalam analisis stakeholder engagement, pada tahun yang sama, program CSR SG mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat sekitar perusahaan. Dibuktikan dengan capaian Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang mencapai 82,13 persen dengan status ”Memuaskan”.

(ks/lin/top/JPR)

 TOP
Artikel Lainya