alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Tergiur karena Pekerjaan Mulia

14 Juli 2021, 10: 40: 37 WIB | editor : Ali Mustofa

Sulistyaningsih

Sulistyaningsih (DOK. PRIBADI)

Share this      

BEKERJA tidak semata-mata karena uang. Kepuasan batin menjadi salah pertimbangan lain. Hal itu yang mendorong Sulistyaningsih mantap masuk kuliah di D-3 Keperawatan Akper Krida Husada Kudus.

Gadis asal Desa Gulangpongge, Kecamatan Gunungwungkal, Pati, ini mengaku sangat tertarik bekerja sebagai perawat. ”Karena perawat itu pekerjaan yang sangat mulia. Saya ingin membantu orang lain dengan ilmu yang saya miliki dan juga bisa merawat orang tua sendiri saat sakit. Itu sih yang menjadi motivasi saya," jelas gadis kelahiran Pati, 12 November 2001 ini kepada Jawa Pos Radar Kudus.

Gadis yang mengaku hobi make up dan memasak ini, telah masuk semester IV. Selama menjalani kuliah, Tya -sapaan akrabnya- sudah merasakan sedikit pengalaman terjun langsung sebagai perawat. Hal itu sangat menyenangkan dan semakin memantapkan hatinya.

Baca juga: Suami Pasien Positif yang Diusir dari Kos Dijemput Keluarga

”Kalau selama kuliah sudah praktik klinik di rumah sakit, stase keperawatan anak, keperawatan maternitas, dan KDM (kebutuhan dasar manusia)," kata Tya.

Pada stase KDM, dia ditempatkan di ruang pasien bedah, geriatric, dan pasien dengan penyakit menular. Dengan praktik itu, dia menjadi sedikit memahami gambaran pekerjaan yang akan dijalaninya nanti setelah lulus.

”Saat praktik jadi tahu gambarannya. Misalnya kegiatan saat dinas pagi yaitu menyiapkan obat, memberikan obat, melakukan injeksi, mengantar pasien ke ruang rontgent, dan mengantar pasien ke ruang operasi. Saya harus terbiasa melihat darah, luka, dan feses setiap hari serta berkomunikasi dengan pasien sebaik mungkin, supaya pasien nyaman dan percaya,” ujarnya.

Dia memiliki pengalaman menyenangkan saat praktik. Yakni saat pasien pulang dan mengucapkan terima kasih. ”Mungkin itu kepuasan batin yang menyenangkan dari pekerjaan ini," papar alumni SMK Cordova Pati ini. 

(ks/aua/lin/top/JPR)

 TOP