alexametrics
Selasa, 27 Jul 2021
radarkudus
Home > Inspirasi
icon featured
Inspirasi

Baru Serius Tiga Hari sebelum Kompetisi

12 Juli 2021, 10: 53: 01 WIB | editor : Ali Mustofa

Erika Ayu Amelia

Erika Ayu Amelia (DOK. PRIBADI)

Share this      

DARA kelahiran Kota Ukir ini baru saja meraih penghargaan medali perak dalam kompetisi International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS). Pesertanya dari berbagai negara. Dirinya tampil bersama dua orang anggota tim. Kebetulan, Erika jadi ketua tim sekaligus konseptor materi lombanya.

Yang mereka ditampilkan berupa aplikasi Womenpedia: Women’s Needs Center. Gadis asal Kelet, Keling, ini menyebut awalnya aplikasi tersebut berasal dari proyeknya di mata kuliah e-commerce. ”Karena bagus, beliau menyarankan untuk dikembangkan,” papar Erika Ayu Amelia.

Saat ikut kompetisi itu, ia awalnya dapat tawaran dari dosen-dosen di kampusnya. Yaitu Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara. Timnya terdiri dari tiga orang termasuk dirinya. ”Namun satu per satu mundur karena kesibukannya. Menyisakan saya,” ungkap Erika.

Baca juga: Empat Sadar saat Mulai Lengah

Ia mengaku saat itu terbersit pikiran untuk tidak melanjutkan kompetisi itu. Namun berkat dukungan dosen, dan terbentuknya anggota tim barunya, tim Erika memilih lanjutkan kompetisi. Tak disangka, justru keluar sebagai juara dan meraih medali perak.

Padahal, Erika dan timnya memutuskan serius melanjutkan kompetisi ini tiga hari sebelum pengumpulan. Aplikasi, karya tulis, video, dikebut dalam waktu 3 hari  itu. ”Jadi memang agak memaksakan diri. Lalu karena pandemi ini jadi beberapa latihan harus online,” papar gadis kelahiran Jepara, 30 Juli 2000 ini.

Rangkaian kompetisinya diawali dengan mengirim karya tulis dan video presentasi. Lalu dilanjutkan judgement session. 7 menit presentasi dan 8 menit tanya jawab. Semua dilakukan dengan bahasa inggris. ”Presentasinya lancar. Kebetulan tim kami mendapat juri dari Malaysia dan Indonesia. Kabar baiknya mereka memberikan kesan dan komentar positif atas presentasi dan aplikasi yang kami buat,” imbuh Erika. (rom)

(ks/zen/top/JPR)

 TOP