alexametrics
Jumat, 06 Aug 2021
radarkudus
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Enam Pengedar Sabu di Pati Berhasil Dibekuk Polisi

08 Juli 2021, 22: 03: 56 WIB | editor : Ali Mustofa

Enam Pengedar Sabu di Pati Berhasil Dibekuk Polisi

PATI - Enam tersangka pengedar Narkoba jenis sabu terlihat berjejer di halaman Polres Pati kemarin (7/7). Mereka diamankan jajaran Sat Narkoba Polres Pati. Perkara tersebut dalam kurun waktu Juni lalu. Sedangkan temuan barang bukti (BB) berupa sabu seberat 10,4 gram.

Para tersangka itu mengedarkan barang terlarang bermodus dimasukkan ke dalam bungkus coklat. Kemasan coklat itu terlihat seperti jajanan anak-anak.

”Sabu yang dimasukkan ke dalam coklat kemasan itu merupakan modus baru. Sebelumnya ada yang dimasukkan bandeng,” ungkap Kapolres Pati AKBP Christian Tobing.

Baca juga: Dilema PKL City Walk: Ditutup Tak Ada Pemasukan, Dibuka Omzet Turun

DIAMANKAN: Enam tersangka pengedar Narkoba ditangkap kepolisian Pati kemarin (7/7).

DIAMANKAN: Enam tersangka pengedar Narkoba ditangkap kepolisian Pati kemarin (7/7). (ANDRE FAIDHIL FALAH/RADAR KUDUS)

Sedangkan untuk satu paket coklat kemasan di dalamnya terdapat beragam sabu dengan takaran yang berbeda. Ini tergantung pesanan pembeli.

Penawaran sabu ke konsumen menggunakan sarana HP. Tanpa bertemu satu sama lain. Kemudian setelah sepakat, uang pesanan akan ditransfer.

”Pembeli diarahkan ke suatu tempat. Misalnya sabu ditaruh di bak sampah. Kemudian pembeli nanti dikasih tahu. Untuk mengambil di tempat itu. Jadi tanpa bertemu ini,” jelasnya.

Salah satu tersangka itu, kata dia, ada yang residivis. Sudah bertahun-tahun menjalankan transaksi pengedaran sabu.

”Rata-rata tersangka ini memang pemain lama. Oleh karena itu, kami masih terus melakukan pengembangan. Harusnya sampai pada bandar utamanya,” tegasnya.

Atas tindakan tersebut, tersangka dijerat dengan pasal 112 dan 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancamannya pidana paling lama 20 tahun penjara.

”Selain itu, ada denda pidana paling sedikit Rp 1 miliar. Paling banyak Rp 10 miliar,” terangnya.

Dia menambahkan, atas penangkapan beberapa kasus Narkoba pihaknya mendapat piagam penghargaan. Itu dari Bupati Pati Haryanto.

”Selama Januari-Juni kami berhasil menangkap 60 tersangka. BB-nya sabu seberat 87,6 gram,” pungkasnya. (adr)

(ks/him/top/JPR)

 TOP